Peringatan Hari Nelayan Tahun Ini Diundur

Peringatan Hari Nelayan Tahun Ini Diundur
0 Komentar

PALABUHANRATU,SUKABUMIEKSPRES -Peringatan Hari Nelayan, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kabupaten Sukabumi berencana untuk menggeser peringatan Hari Syukuran Nelayan pada tahun ini.

Biasanya hari nelayan digelar setiap tanggal 6 April, namun di tahun ini peringatan tersebut akan digeser ke tanggal 21 Mei 2023, karena bulan April telah memasuki bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA: Kadis Perikanan Monev Penyaluran Bansos BBM untuk Nelayan

Ketua DPC HNSI Kabupaten Sukabumi, Dede Ola mengatakan, pada 6 April, panitia tetap akan melaksanakan rangkaian kegiatan, yakni istighosah.

Baca Juga:Dinas PUTR Panggil Pelaksanaan Pengerjaan Jalan MerbabuPenyewa Nekat Bakar Rumah Kontrakan

“Perubahan waktu pelaksanaan ini sudah mendapat persetujuan para tokoh nelayan dan pemerintah daerah,” terangnya, Sabtu (21/1).

Lebih jauh Dede Ola mengatakan, dia memiliki usul peringatan Hari Syukuran Nelayan di Kabupaten Sukabumi diperingati secara serentak pada 21 Mei setiap tahunnya.

BACA JUGA: Tradisi Hari Nelayan Potensi Pariwisata Sukabumi

“Mudah-mudahan usulan ini mendapat respons dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), termasuk Pemprov Jabar, dan Pemkab Sukabumi,” harapnya.

Dia juga menekankan kepada panitia penyelenggara Hari Syukuran Nelayan agar memiliki inovasi di setiap penyelenggaraan sehingga tidak terkesan monoton.

“Tujuannya untuk mengundang pengunjung dari luar daerah yang ingin melihat momen sakral ini,” jelasnya.

Di tempat sama, Ketua panitia, Sep Radi Priadika mengatakan, Hari Syukuran Nelayan Ke-63 akan masuk dalam penilaian event nasional untuk kategori Kharisma Event Nusantara (KEN) bersama Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar (sekarang Kasepuhan Gelar Alam).

Pasalnya, kedua event sakral itu merupakan tradisi turun temurun yang tidak dapat dipisahkan dengan kearifan lokal suatu daerah.

Baca Juga:Konsep Restorative Justice, Langkah Mengembalikan Jati Diri Bangsa IndonesiaPerumda AM TBW Gratiskan Pemasangan Sambungan Baru

“Saya mendapat informasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi soal itu. Sekarang masih tahap verifikasi. In Syaa Allah, akhir Januari ini akan ada pengumuman nominasi. KKP, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah memberikan respons positif,” bebernya.

BACA JUGA:Distribusi Bansos untuk Nelayan Dimonitorin
Sekretaris DPC HNSI Kabupaten Sukabumi itu menegaskan, untuk Hari Syukuran Nelayan tahun ini, dirinya bersama jajaran panitia telah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan DPRD Kabupaten Sukabumi agar mendapat dukungan penuh dalam pelaksanaannya.

0 Komentar