PeduliLindungi Diupdate, Begini Nasib Sertifikat Vaksin Covid-19

Begini nasib sertifikat vaksin Covid-19 seiring opembaharuan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile. Playstore.
Begini nasib sertifikat vaksin Covid-19 seiring opembaharuan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile. Playstore.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Nasib sertifikat vaksin Covid-19 dipertanyakan oleh masyarakat seiring pembaharuan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile yang telah disampaikan oleh Setiaji, Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan atau Kemenkes.

Seperti diketahui bahwa sertifikat vaksin Covid-19 merupakan hal yang krusial saat ini lantaran sebagai dokumen penunjang untuk bepergian jarak jauh, sehingga masyaarkat khawatir dengan data dari aplikasi PeduliLindungi setelah diperbaharui menjadi SATUSEHAT Mobile.

Sebelumnya, data sertifikat vaksin Covid-19 dapat diakses pengguna melalui layanan aplikasi PeduliLindungi, akan tetapi masyarakat belum mengetahui mengenai aplikasi SATUSEHAT Mobile.

Baca Juga:6 Fakta Drakor The Glory, Diangkat dari Kisah Nyata PerundunganPeduliLindungi Resmi Diupdate Jadi SATUSEHAT Mobile, Apa Bedanya?

Menurut Setiaji, PeduliLindungi mengalami perubahan besar dan dapat dimanfaatkan masyarakat pada Rabu, 1 Maret 2023 sebagai SATUSEHAT Mobile.

Terkait perubahan PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile tersebut juga telah diumumkan oleh Kemenkes melalui website dan media sosial resmi baru-baru ini.

“PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023,” kata Setiaji, Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes.

Kemenkes juga mengumumkan perubahan PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile melalui akun Twitter.

“PeduliLindungi Resmi Bertransformasi Menjadi SATUSEHAT Mobile @KemenkesRI,” tulisnya di Twitter.

Selanjutnya, masyarakat yang telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi hanya perlu memperbarui melalui aplikasi Play Store maupun App Store, baik secara otomatis maupun manual.

Setelah memenuhi persetujuan syarat dan ketentuan SATUSEHAT Mobile, maka pengguna dapat log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar sebelumnya.

Namun, untuk tahap awal perbaharuan aplikasi tersebut sementara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna IOS. Sedangkan bagi pengguna Android dikabarkan akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Baca Juga:Jadwal Samsat Keliling Kota Bandung Hari Ini Jumat, 3 Maret 2023PT KAI Imbau Penumpang KA Jarak Jauh Tunjukkan Dokumen Vaksin

Kemudian Setiaji pun menegaskan bahwa semua data dari PeduliLindungi akan tersinkronisasi secara otomatis pada SATUSEHAT Mobile. Sehingga pengguna tidak perlu membuat akun kembali untuk memulihkan data yang sudah terdaftar.

“Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SATUSEHAT Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SATUSEHAT Mobile,” kata Setiaji, dikutip Sukabumi.JabarEkspres.com dari sehatnegeriku.kemkes.go.id pada Jumat, 3 Maret 2023.

0 Komentar