Kemenkes Siagakan 195 Rumah Sakit, Antisipasi Hadapi Kemungkinan Ancaman Wabah Virus Flu Burung

Kemenkes siagakan 195 Rumah Sakit untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman wabah virus flu burung. Kemenkes.go.id.
Kemenkes siagakan 195 Rumah Sakit untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman wabah virus flu burung. Kemenkes.go.id.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kementerian Kesehatan atau Kemenkes melakukan antisipasi kemungkinan ancaman wabah virus H5N1 atau virus flu burung dengan menyiagakan sekira 195 Rumah Sakit (RS).

Terkait antisipasi 192 Rumah Sakit yang disiapkan oleh Kemenkes dalam menghadapi kemungkinana ancaman wabah virus flu burung tersbeut disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi.

Selain 195 Rumah Sakit, Kemenkes juga telah menyiapkan sejumlah perawat untuk menangani wabah virus flu burung yang kemungkinan akan mengancam Tanah Air.

Baca Juga:Kasus Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Diusut, 14 Saksi Diperiksa PolisiBocoran Dokumenter Netflix In the Name of God: A Holy Betrayal, Ungkap Sejarah Kelam Korea Selatan

“Kita sudah siagakan 195 rumah sakit rujukan. Perawatan-perawatan di rumah sakit juga sudah kita siapkan,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi, dikutip Sukabumi.JabarEkspres.com dari PMJ News pada Selasa, 7 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Imran Pambudi dalam Siaran Sehat yang diikuti di Jakarta, Senin 6 Maret 2023 kemarin.

Meskipun antisipasi tersebut telah disiapkan, Kemenkes berharap wabah flu burung tidak meluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

“Meskipun kita berdoanya itu tidak dipakai karena flu burung,” lanjutnya.

Berdasarkan keterangan Kemenkes, bukan tanpa alasan pihaknya langsung menyiagakan ratusan Rumah Sakit rujukan untuk Penyakit Infeksi Emerging (PIE) tersebut.

Akan tetapi, tindakan antisipasi itu dilakukan setelah mendengar adanya temuan kasus dengan Highly Pathogenic Avian Virus (HPAI) H5N1 clade 2.3.4.4b dan 2.3.2.1c di beberapa titik di Kalimantan Selatan.

Sehingga, pemerintah khawatir wabah virus flu burung itu akan meluas ke sejumlah wilayah di indonesia.

Kemudian pemerintah melalui Kemenkes melakukan ntindakan antisipasi agar bisa pencegahan bisa dilakukan lebih dini dan menyiapkan 192 Rumah Sakit.

Baca Juga:Menguak Kisah Nyata di Balik Dokumenter Netflix In the Name of God: A Holy Betrayal3 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Jatuh Pada 7 dan 8 Maret 2023

Di rumah sakit rujukan tersebut, Kemenkes telah menyiapkan segala macam perawatan dan alat untuk menjalankan tata laksana terkait dengan kasus virus flu burung terhadap manusia.

Seperti diketahui bahwa wabah virus flu burung bukan kasus pertama di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang sempat terpapar wabah tersebut.

Meskipun demikian, pemerintah dan Kemenkes juga sejumlah pihak terkait bekerja sama dalam melakukan pencegahan agar tidak menyebar terlalu luas hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. Wabah virus flu burung sebelumny pernah terkendali.

0 Komentar