Hari Wanita Internasional Jatuh Pada Tanggal 8 Maret, Ini Sejarahnya

(Sumber Gambar: Pixabay/Hari Wanita Internasional)
(Sumber Gambar: Pixabay/Hari Wanita Internasional)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS – Hari Wanita internasional di peringati setiap tanggal 8 maret di seluruh dunia, sebagai bentuk penghargaan terhadap kaum perempuan.

Bahkan Doodle Google menampilkan tema yang berkaitan dengan international Women days yang menampilkan berbagai peran dan profesi Wanita di seluruh dunia.

Tema yang diusung setiap tahun selalu berbeda, jika tahun 2022 mengangkat sebuah tema tentang Gender Equality Today For a Sustainable Tommorow dengan tujuan dan harapan agar para perempuan bisa menjawab tantangan dunia.

Baca Juga:NCT Dream Sukses Konser Di Jakarta, Antusias Penggemar Dipuji!4 Koleksi Hewan Irfan Hakim, Unik dan Memiliki Harga Bombastis

Maka ditahun 2023 , tema yang bertajuk DigitALL : Innovation and Tecnologi For Gender atau bisa diartikan sebagai DigitALL Inovasi dan Teknologi untuk kesetaraan Gender dipilih. Yang bertujuan agar Wanita diseluruh dunia bisa berfokus pada peran teknologi dan Pendidikan digital.

Awal Mula Women Days Internasional

Dilansir dari laman resmi @internasionalwomensday.com yang dikutip @Sukabumiekspress mengatakan bahwa hari perempuan adalah hari perayaan global atau dunia.

Yang bertujuan untuk merayakan pencapaian ekonomi, sosial,budaya dan juga politik bagi para perempuan. Hari Perempuan Internasional memiliki tujuan sebagai seruan ajakan untuk bertindak dalam kesetaraan gender ditengah tantangan dunia.

Women days Internasional dimulai saat ada hampir 15.000 perempuan melakukan suatu aksi unjuk rasa di wilayah Newyork Amerika serikat pada tahun 1908. Yang ingin menyuarakan terkait hak peningkatan standar upah dan juga perihal jam kerja.

Pada tahun 1910, seorang pempimpin kantor perempuan yang bernama Clara Zetkin mengusulkan suatu ide atau gagasan agar menetapkan Hari Perempuan Internasional.

Ia memberikan gagasan dan juga saran untuk setiap negara bisa merayakan satu hari tiap tahunnya dalam mendukung aksi tuntutan perempuan.

Hingga pada tanggal 19 Maret tahun 1911, gagasan itu disetujui di Konferensi Perempuan yang menjadi cikal bakal dari penetapan hari wanita sedunia.

Baca Juga:Kartun Hits Tahun 90-an yang Sangat Menghibur, Bikin Kalian Bernostalgia !Kebijakan Terbaru Masuk Kantor Di NTT Pukul 05:30 WITA, Ini Alasannya!

Women day Internasional pertama kali dirayakan oleh negara Denmark, Swiss, Austria dan juga Jerman.

Tepat pada tanggal 8 Maret 1975 Hari Perempuan Internasional resmi ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB).

Kalian sebagai perempuan bebas merayakan Women days Internasional ini dengan berbagai cara, seperti misalnya memperjuangkan hak-hak kaum perempuan hingga merayakan berbagai keberhasilan yang telah dicapai.

0 Komentar