Tahu Aurora? Ternyata Memiliki Beberapa Fakta! Simak Berikut Ini

Tahu Aurora? Ternyata Memiliki Beberapa Fakta! Simak Berikut Ini
Photo: Lampu Kutub Warna Warni Di Atas Gunung Bersalju/Pexels.com/tobiasbjorkli
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Aurora merupakan salah satu fenomena alam sering disebut juga aurora borealis. Terjadi saat partikel bermuatan dari matahari yang bertabrakan dengan atmosfer milik bumi. Dapat menghasilkan cahaya dengan beragam warna pada langit. Melansir dari berbagai sumber ada beberapa fakta menarik nih dari aurora untuk kalian, berikut beberapa faktanya:

  • Kondisi terbaik untuk melihat

Seringkali terlihat sebagai garis cahaya terang di langit malam, namun ketika aktivitas aurora tinggi, mereka dapat terlihat sebagai loncatan cahaya yang cepat dan spektakuler di seluruh langit. Untuk pengamatan terbaik, orang-orang menyarankan untuk pergi ke tempat yang gelap dengan sedikit cahaya buatan dan jauh dari polusi cahaya kota.

  • Mitos

Berbagai budaya di seluruh dunia memiliki mitos dan legenda yang berhubungan dengan aurora. Di beberapa budaya, peristiwa tersebut dianggap sebagai penanda kehadiran roh atau makhluk gaib, sedangkan di tempat lain fenomena ini dianggap sebagai pertanda keberuntungan atau pertanda cuaca buruk.

Baca Juga:GPX Demon GR200R! Lawan Berat Brand Asal Negara Jepang? Simak DetailnyaSmartphone Murah? Simak Spesifikasi Xiaomi Redmi 12C

  • Periode terjadinya peristiwa

Aurora dapat terjadi sepanjang tahun, namun lebih sering terlihat di musim dingin ketika malam lebih lama dan langit lebih gelap. Dan juga cenderung terlihat lebih sering selama periode aktivitas matahari yang tinggi, yang berlangsung sekitar setiap 11 tahun.

  • Mempunyai suara

Tidak menyangka dengan begitu indahnya peristiwa ini ternyata memiliki suara. Menurut seseorang yang pernah mendengar suaranya seperti suara seperti suara ombak lembut. Beberapa orang juga mendengar seperti percikan suara air.

  • Tidak bahaya untuk manusia

Peristiwa ini tidak berbahaya bagi manusia, namun mereka dapat mempengaruhi peralatan elektronik dan komunikasi. Ketika partikel bermuatan dari matahari mencapai Bumi, mereka dapat menyebabkan badai geomagnetik yang dapat merusak satelit dan sistem komunikasi.

  • Memiliki warna beragam

Memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari hijau, ungu, merah, biru, dan kuning. Warna aurora tergantung pada jenis partikel bermuatan yang bertabrakan dengan atmosfer dan tinggi di mana tabrakan terjadi.

  • Penemu pertama

Ternyata orang yang menemukan peristiwa ini pada tahun 1619 yaitu Galileo Galilei. Ia merupakan seorang astronom.

  • Terjadi di kutub utara dan selatan
0 Komentar