Simak 4 Fakta Menarik Gunung Semeru, Terdapat Sepasang Arca Kuno Penolak Bala!

(Sumber Gambar: Pixabay/Fakta Menarik Gunung Semeru)
(Sumber Gambar: Pixabay/Fakta Menarik Gunung Semeru)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS -Fakta Menarik Gunung Semeru sangat menarik perhatian banyak orang, terletak di wilayah Jawa Timur, Indonesia dan merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter.

Dibalik berdirinya gunung semeru ini, ternyata menyimpan berbagai fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Untuk yang penasaran, yuk simak fakta menarik gunung semeru yang berikut ini:

Baca Juga:4 Penginapan Murah di Sukabumi yang Ramah di Kantong, Sangat Terjangkau!4 Destinasi Wisata Papua Barat yang Menarik dan Unik, Keren!

1.Memiliki Danau Cantik di Ketinggian 2.389 mdpl

Memiliki danau cantik di ketinggian 2.389 mdpl loh. Danau Ranu Kumbolo sering dijadikan spot yang sangat populer bagi para pendaki gunung tertinggi di pulau jawa ini.

Pasalnya, danau ini begitu cantik serta menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Danau yang satu ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, yang membuat udara nya terasa segar dan juga sejuk.

Jika kalian mendaki gunung semeru, dan memutuskan untuk berkemah, maka dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit diantara dua bukit akan sangat menakjubkan dan begitu sangat menawan.

Oh iya, danau Ranu Kumbolo juga terletak di lereng gunung semeru yang memiliki ketinggian 2.389 meter diatas permukaan laut.

Yang menarik suhu terendahnya bisa mencapai 5 derajat Celcius. Danau yang satu ini juga masuk kedalalm kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

2.Fakta Menarik Gunung Semeru (Rumah Untuk Para Flora dan Fauna)

Fakta menarik gunung Semeru berikutnya yakni menjadi rumah bagi para Flora dan juga Fauna. Sedangkan para fauna yang hidup di gunung ini yakni budeng, luwak,kancil,kijang dan yang lainnya.

Baca Juga:Berencana Liburan ke Pulau Dewata? 3 Destinasi Tujuan Wisata Bali untuk Keluarga Ini Layak DikunjungiInfo KUR BRI TAHUN 2023 Terbaru, Bunga Naik 7 Persen Untuk Kredit Kedua Kali !

Selain itu, yang menjadi daya tarik pengunjung adalah hidupnya bunga edelweis yang sangat populer.

Edelweis sendiri merupakan bunga yang mendapat julukan sebagai bunga abadi. Tetapi walaupun memiliki berbagai makna.

Namun, bunga yang satu ini tidak boleh sembarangan dipetik, dan termasuk tanaman yang dilindungi keberadaannya. Jika pendaki memetic Edelweiss maka sanksi siap menanti.

3.Terdapat Sepasang Arca Kuno

Selanjutnya fakta menarik gunung Semeru yakni terdapat sepasang arca kuno yang merupakan sebuah situs arkeologi. Sepasang arca tersebut bernama Arcapada.

Konon katanya jika salah satu dari sepasang arca ini merupakan perwujudan dari seorang Dewa bernama Siwa yang merupakan simbol penolak bala.

0 Komentar