Tips Berolahraga Saat Puasa yang Aman dan Efektif

Tips Berolahraga Saat Puasa yang Aman dan Efektif
Tips Berolahraga Saat Puasa yang Aman dan Efektif/https://pixabay.com/id/
0 Komentar

Olahraga merupakan salah satu bentuk kita menjaga kesehatan tubuh, namun dalam melakukan aktivitas olahraga pun ada salah satu resiko yang dapat terjadi pada tubuh kita, yaitu dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman yang cukup sehingga tubuh kekurangan asupan cairan.

Namun, bagaimana ketika puasa kita melakukan olahraga? Bukankah dalam berpuasa kita tidak makan dan minum seharian. Tapi, ada fakta yang membuktikan saat berpuasa tubuh akan membuat glikogen atau karbohidrat tersimpan dalam tubuh akan menjadi habis.

Baca Juga:Kedai Kopi Instagramable di Sukabumi!Rasakan Keindahan Air Terjun Curug Sawer di Sukabumi

Dalam berpuasa, kita dianjurkan untuk tetap melalukan aktivitas  atau kegiatan sehari-hari, agar tubuh dapat terus bergerak sehingga dapat menjaga kesehatan kalian saat melakukan puasa. Tubuh akan membakar lemak yang lebih banyak dari biasanya dan hal ini sangat baik bagi seseorang yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan agar lebih sehat.

Lalu apa olahraga yang cocok saat berpuasa? Berikut merupakan beberapa tips olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa.

  1. Jalan Sehat, salah satu rekomendasi olahraga saat berpuasa yaitu jalan santai. Aktivitas ini dapat memberikan tubuh anda menjadi lebih bugar serta menjaga kesetahan tubuh, terutama otot, tulang, serta jantung. Olahraga ringan ini tidak akan menyebabkan dehidrasi berlebih akibat keringat yang keluar dari dalam tubuh. Rekomendasi olahraga ringan ini dapat kalian lakukan saat sore hari atau menjelang berbuka puasa.
  2. Jogging, selain jalan santai kalian dapat melakukan olahraga ini dengan mudah. Lakukan joging dengan intensitas ringan dan santai sehingga tidak menyebabkan keringat berlebih atau dehidrasi. Lakukan olahraga ini saat pagi hari atau menjelang buka puasa.
  3. Yoga, rekomendasi olahraga yang cocok saat berpuasa yaitu yoga. Yoga merupakan olahraga yang tidak banyak menguras energi berlebih, kalian dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Karena, dalam olahraga ini hanya fokus pada gerakan pernafasan yang memiliki fungsi untuk merileksasikan otot serta otak.
  4. Bersepeda, olahraga ini pun dapat menjadi salah satu rekomendasi saat berpuasa. Bersepeda santai dengan jarak yang tidak terlalu jauh dapat membuat tubuh membakar kalori serta lemak. Kegiatan ini pun dapat menyehatkan jantung dan otot, selain itu dengan bersepeda dapat membuat pikiran menjadi tenang dapat menghilangkan stres berlebih.
  5. Latihan Beban, olahgara ini pun dapat menjadi salah satu kegiatan kalian saat berpuasa. Olahraga ini dapat kalian lakukan sendiri di rumah dengan mengangkat beban yang tidak terlalu berat. Selain itu dengan melakukan olahraga mengangkat beban dapat membakar lemak serta menguatkan otot tubuh.
0 Komentar