3 Makanan yang Bikin Diare Saat Puasa Ramadhan, Dinas Kesehatan Kota Bandung : Jaga Kesehatan!

3 Makanan yang Bikin Diare Saat Puasa Ramadhan, Dinas Kesehatan Kota Bandung Jaga Kesehatan!
3 Makanan yang Bikin Diare Saat Puasa Ramadhan, Dinas Kesehatan Kota Bandung Jaga Kesehatan!. (Foto : Pixabay)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Di bulan Ramadhan seperti ini, karena sedang berpuasa tak jarang masyarakat sering terkena diare akibat makanan.

Umat Islam sebentar lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan. Untuk mempersiapkan Ramadhan dengan fisik yang lebih baik, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian mengimbau agar masyarakat Kota Bandung meningkatkan daya tahan tubuh.

“Apalagi sekarang cuaca tidak menentu. Kadang hujan besar, kadang panas. Kuncinya meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau tidak, kita mudah terserang beragam penyakit, “ucap Anhar, pada Senin 20 Maret 2023 di Pendopo Kota Bandung. Dilansir dari laman Instagram @infobandungkota

Baca Juga:Visual Spek Oppa Korea, Rafatar Bikin Meleyot WarganetV BTS dan Jennie BLACKPINK Nonton Konser Harry Styles Bareng?

Menurutnya salah satu penyakit yang marak terjadi pada masyarakat adalah diare. Bahkan ada berpotensi juga terserang DBD yang harus juga diwaspadai.

Diare saat puasa paling sering terjadi pada orang-orang tidak menerapkan pola makan yang benar, pada saat berbuka puasa maupun pada saat sahur.

Penyakit ini ditandai dengan Buang Air Besar (BAB) yang terjadi secara terus menerus dan sering mengakibatkan juga sakit perut dan lemas yang berlebihan.

Biasanya diare dialami ketika malam hari selesai berbuka puasa dan dipagi hari selesai sahur. Tetapi bisa juga muncung di siang maupun sore hari.

Anhar juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang dikonsumsi pada saat buka puasa dan sahur.

Sebab pada bulan puasa justru makanan akan semakin berlimpah dijualan, dan itu mengakibatkan kemungkinan besar kita dapat terserang diare jiga membeli makanan sembarangan.

Salain membeli makanan sembarangan, di bulan puasa juga sering terjadi masyarakat yang berulang kali menghangatkan makanan sisa untuk dikonsumsi kembali.

Baca Juga:Hyun Bin dan Son Ye Jin Berjuang Melawan Rumor Hoax PerceraianDigosipkan Dengan Celine Evangelista, Marshel Widianto Punya Anak Dari Perempuan Lain?

“Akhirnya makanan itu tidak dibuang, tapi disimpan dan dihangatkan berkali-kali. Sampai sebetulnya sudah tidak boleh lagi dikonsumsi karena sudah rusak makanannya, vitaminnya juga sudah tidak ada. Malah sudah ada bakteri yang bisa menyebabkan penyakit,” lanjut ucap Anhar.

Berikut jenis makanan  yang tidak boleh sering dikonsumsi ketika berpuasa untuk menghindari diare :

Makanan Pedas

Sering memakan makanan yang pedas pada saat berpuasa menjadi factor pemicu utama terjadinya diare. Kebiasaan makan pedas dalam kondisi perut kosong, lambung menjadi sensitive.

0 Komentar