8 Manfaat Puasa Khususnya Saat Ramadhan Menurut Hadist, Begini Penjelasannya

Ilustrasi. 8 manfaat puasa khususnya pada bulan suci Ramadhan menurut Hadist, simak penjelasan berikut ini menjelang penentuan 1 Ramahdan 2023. Pixabay.
Ilustrasi. 8 manfaat puasa khususnya pada bulan suci Ramadhan menurut Hadist, simak penjelasan berikut ini menjelang penentuan 1 Ramahdan 2023. Pixabay.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Manfaat puasa khususnya pada bulan suci Ramadhan dinilai sangat penting untuk diketahui oleh umat Muslim.

Pasalnya, berdasarkan Hadist ada beberapa manfaat puasa khususnya pada bulan suci Ramadhan.

Selain puasa wajib pada bulan suci Ramadhan, terdapat beberapa puasa sunnah yang diyakini memiliki manfaat dan keuatamaan.

Baca Juga:Apa Itu Sertifikat Elektronik? Langkah Digitalisasi Pemerintah Mudahkan Masyarakat BertransaksiJelang Bulan Ramadhan 2023, Kemenkeu Pastikan Bansos Pangan Cair 3 Kali

Dari sekian banyak riwayat tersebut, ia menyimpulkan bahwa setidaknya ada delapan manfaat puasa yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

Manfaat Puasa

1. Meningkatkan kualitas iman

4. Memperbanyak sedekah

5. Menyempurnakan ketaatan

6. Meningkatkan rasa syukur

7. Mencegah diri dari perbuatan maksiat

Rasulullah SAW berkata, “Siapa yang puasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka dosanya diampuni,” (HR Bukhari).

للصوم فوائد: رفع الدرجات، وتكفير الخطيئات، وكسر الشهوات، وتكثير الصدقات، وتوفير الطاعات، وشكر عالم الخفيات، والانزجار عن خواطر المعاصي والمخالفات

Artinya: “Puasa memiliki beberapa faidah: meningkatkan kualitas (iman), menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, memperbanyak sedekah, menyempurnakan ketaatan, meningkatkan rasa syukur, dan mencegah diri dari perbuatan maksiat.”

Sementara itu, ibadha puasa pada bulan suci Ramadhan, selain hukumnya wajib, menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan disebutkan memiliki berbagai keutamaan.

Rasulullah SAW bersabda, “Bila bulan Ramadhan telah datang, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu,” (HR Bukhari).

Itulah manfaat puasa khususnya pada bulan suci Ramadhan, sehingga hal tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi agar dapat mempersiapakn diri menyambut bulan Ramadhan 2023 atau 1444 H.(*)

0 Komentar