Pria Sukabumi Jadi Raja Hotel Dunia Setelah Tersingkir dari RI

Pria Sukabumi
Pria Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Selain Aston, Fairmot, dan Hyatt, untuk jaringan hotel ternama di dunia lainnya adalah Aman Resort, Aman merupakan perusahaan perhotelan dunia berdiri dari 1988 dan sudah beroperasi di 20 negara.

Namun saat ini, CEO-nya merupakan warga Rusia Bernama Vladislav Doronin, hanya saja, sebelum dikuasai oleh Doronin, Group ini didirikan oleh pria asal Indonesia, asli Sukabumi, Namanya yaitu Adrian Willem Ban Kwie Lauw-Zecha alias Adrian Zecha.

Adrian Zecha lahir di kota Sukabumi pada tahun 1933, ia tumbuh besar di keluarga Tiongha terhormat, bahkan ia kaya raya, Mely Tan dalam The Chinese of Sukabumi (1963) menyebut, keluarganya dikenal sebagai “Cabang atas” yang telah merujuk pada keluarga Tionghoa tajir melintir dan sukses di Negara Indonesia.

Baca Juga:Casio Pasarkan Jam Tangan G-Shock Seri Terbaru, Bisa Koneksi ke PonselTampilan Unik dari Lampu Depan Motor Vespa GTV, Terupdate!

Tercatat juga Adrian pernah berkuliah di Pennsylvania sekitaran 1950-an, namun kedudukan dari keluarganya di Indonesia terhormat hancur pada tahun 1956-1957.

Pada saat itu, Sukarno telah melakukan nasionalisasi perusahaan-perusahaan swasta di Indonesia, Nasionalisasi itu dibarengi dengan meningkatnya sentimen terhadap warga non-Indonesia.

Hingga mengibatkan bisnis keluarganya terpaksa diambil oleh Negara, mereka sekeluarga juga harus angkat kaki dan bermukim di Singapura.

Beruntung, kejadian itu Adrian masih berada di AS karena ia melanjutkan kerja sebagai jurnalis di Time, jauh sebelum bisnis hotel pada 1988.

Adrian pun menjalani karir sebagai Jurnalis wisata berbagai media.

Menjadi jurnalis wisata membuatnya bisa berkeliling dunia, dari satu tempat wisata ke tempat lain. Karena inilah minatnya tumbuh di bidang wisata dan perhotelan.

Martin Roll dalam Asian Brand Strategy (2015) memaparkan persentuhan pertama Adrian dengan bisnis hotel terjadi pada 1972.

Saat itu dia turut membangun Regent International Hotels sebelum akhirnya mendirikan hotel sendiri pada 1988.

0 Komentar