Warga PNG Sepakat Serahkan Fasum dan Fasos

Warga PNG Sepakat Serahkan Fasum dan Fasos
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Warga Perumahan Nirwana Graha (PNG) RT 005/007 Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi menyepakati menyerahkan fasilitas umum dan fasilitas sosial ke Pemkot Sukabumi melalui Dinas PUTR.

Kesepakatan itu berdasarkan hasil musyawarah yang dihadiri Lurah Dayeuhluhur Supardi, Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan pada Dinas PUTR Yusuf Chaery, Ketua RW 007 Suherman, Ketua RT 005 Ade Sultan Tato, dan tokoh masyarakat PNG.

“Dari hasil musyawarah, kami sepakat menyerahkan fasum dan fasos ke Pemkot Sukabumi,” kata Ade Sultan kepada wartawan, Sabtu (15/7).

Baca Juga:Peran Pentahelix Penting dalam Sanitasi MasyarakatCara Memilih Furniture Kayu Jati yang Asli dan Berkualitas

Perumahan yang dibangun sebelum tahun 2008 itu sudah selesai pembangunannya dan penjualannya. Namun hampir 15 tahun berjalan, tidak ada itikad dari pihak pengembang menyerahkan fasum dan fasos ke pemerintah daerah.

“Semoga melalui Dinas PUTR bisa memfasilitasi keinginan warga. Hasil musyawarah ini juga dilengkapi dengan penandatanganan berita acara

kesepakatan warga dan pihak developer yang akan dijembatani dinas terkait (PUTR),” tutur Ade Sultan.

Sumarno, tokoh masyarakat PNG, mengaku sudah sejak awal atau hampir 15 tahun tinggal di kawasan perumahan itu. Beberapa fasilitas sarana umum dibangun warga seperti posyandu, pos ronda, renovasi masjid, bahkan perbaikan jalan.

“Alhamdulillah warga PNG kompak dan saling peduli satu sama lain untuk kenyamanan. Kami gotong royong membangun beberapa fasilitas sarana umum,” ujar Sumarno.

Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan pada Dinas PUTR, Yusuf Chaery, mengaku segers menindaklanjuti hasil rembuk warga PNG yang sepakat menyerahkan fasum dan fasos ke Pemkot Sukabumi. Bahkan Yusuf akan mencoba berkoordinasi dengan pihak pengembang perumahan tersebut.

“Saya akan menindaklanjuti keinginan warga PNG dan akan berkoordinasi dengan pihak developer. Selanjutnya akan berkoordinasi pula dengan dinas terkait untuk penyerahan fasum dan fasos,” kata Yusuf.

Baca Juga:Targetkan UHC, Hak Dasar Kesehatan Masyarakat Harus TerpenuhiLakukan Penilaian Lomba PHBS LBS

Berdasarkan data Dinas PUTR, terdapat sebanyak 102 perumahan komersil maupun nonkomersil di Kota Sukabumi. Dari jumlah itu baru 9 perumahan yang telah menyerahkan.

“Tahun ini kami juga akan menjemput bola pelayan ke 14 perumahan termasuk PNG yang akan menyerahkan fasum dan fasos,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar