Kasus Peredaran Narkoba masih Tinggi

Kasus Peredaran Narkoba masih Tinggi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi merupakan wilayah rentan peredaran narkoba. Pasalnya, pengungkapan kasus narkoba di wilayah tersebut selama semester pertama tahun ini relatif cukup tinggi.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengungkapkan, kurun tujuh bulan terakhir atau selama periode Januari-Juli tahun ini, kepolisian sudah mengungkap 78 kasus narkoba. Dari jumlah kasus itu, mayoritas terjadi di Kelurahan Sukakarya.

“Kasus pengungkapan narkoba di Kelurahan Sukakarya relatif cukup tinggi dibanding wilayah lain,” kata Ari kepada wartawan seusai launching Kelurahan Bebas Narkoba di Kelurahan Sukakarya, kemarin (18/2).

Baca Juga:Polres Sukabumi Ciduk Pelaku CuranmorKPU Bersama Forkopimda dan 18 Parpol Gelar Deklarsi Damai Pemilu 2024

Karena itu, kata Ari, dibentuknya Kelurahan Bebas Narkoba di Kelurahan Sukakarya merupakan langkah yang harus diapresiasi karena bisa menjadi penangkal peredaran narkoba. Terwujudnya Kelurahan Bebas Narkoba juga berkat kesadaran masyarakat setempat.

“Sehingga kami dari kepolisian dan pemerintah daerah membantu untuk bersama-sama memerangi narkoba,” tegasnya.

Kelurahan Bebas Narkoba merupakan tindak lanjut program Quick Win dari Polri Kapolri mengamanatkan agar setiap polres di lingkup kota dan kabupaten harus membentuk Kelurahan Bersih Narkoba.

“Jadi, program Kelurahan Bebas Narkoba ini salah satu contoh untuk mendorong kelurahan atau desa yang lain agar mengadopsinya,” ujar Ari.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, menyatakan dukungannya memerangi narkoba. Terlebih, Pemkot Sukabumi juga sudah mempunyai Perda tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN).

“Kita berharap dengan adanya program ini mampu untuk mempercepat P4GN di wilayah. Kami ingin mempersiapkan anak-anak muda ke depan sebagai generasi emas pada 2045. Jadi harus dipersiapkan dari sekarang,” ucapnya.

Setelah di-launchingnya Kelurahan Sukakarya menjadi Kelurahan Bebas Narkoba, langkah berikutnya akan ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan pemerintah daerah.

Baca Juga:Peringatan HUT RI Momentum Istimewa Kuatkan Nasionalisme dan PatriotismeDelapan Narapidana Lapas Warungkiara Bebas Setelah Mendapat Remisi

Di antaranya edukasi dan sosialisasi bagaimana membangun kebersamaan antara masyarakat setempat sehingga menyadari bagian tugas P4GN.

0 Komentar