Pagelaran Sekar Budaya Warnai Milangkala Kabupaten Sukabumi

Pagelaran Sekar Budaya Warnai Milangkala Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Pemkab Sukabumi menggelar upacara sekar budaya di Alun-Alun Palabuhanratu, Minggu (10/09). Kegiatan ini alam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 153 tahun. Di mana, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertugas sebagai pembina upacara. 

Momen lahirnya Kabupaten Sukabumi ini sangat lekat dengan kesenian dan kebudayaan Sunda. Hal itu terlihat dari  penggunaan bahasa, pakaian, hingga penampilan kesenian khas Sunda.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Air Panas di Bandung, Stres Hilang Badan Sehat

Baca Juga:Peringati Haornas, Disporapar Gelar Berbagai TurnamenRatusan Kendaraan Ikuti Uji Emisi Gratis

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan yang kental dengan seni-budaya ini, air dari berbagai mata air di Kabupaten Sukabumi dikumpulkan dan dimasukan ke dalam kendi sebagai simbol persatuan. 

Wakil Bupati Sukabumi, Ios Somantri mengatakan, penonjolan budaya Sunda sebagai bentuk kecintaan dan melestarikan tradisi Sunda. Selain itu, sekar budaya pun merupakan wadah untuk membangun kearifan lokal yang lekat dengan masa kini sebagai festival rakyat.

“Ini juga menjadi etalase eksistensi kehebatan jejak budaya pada masa lalu dan kekayaan nilai-nilai yang telah membumi,” ujarnya.

BACA JUGA: Karnaval Budaya Cibolang Kaler Diapresiasi Wakil Bupati

Bahkan, sekar budaya pun dinilai dapat memperkenalkan budaya Sukabumi ke khalayak luas. Termasuk dalam tatanan mempertahankan kekentalan budaya yang ada di Jawa Barat.

“Melalaui sekar budaya ini, dapat meningkatkan daya tarik wisatawan yang hendak berkunjung ke Kabupaten Sukabumi. Sekar budaya ini diharapkan dapat menciptakan kesan kegembiraan bagi wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu,” ucapnya.

BACA JUGA: Momen Pemkot Sukabumi Gelar Kirab Budaya Merah Putih

Momentum ini pun, sekaligus merefleksikan capaian prestasi Kabupaten Sukabumi. Termasuk merencanakan program yang lebih baik ke depan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, berbagai prestasi telah diraih Kabupaten Sukabumi. Terbaru, kami mendapatkan sertifikat revalidasi kedua status CPUGGp yang diterima langsung Bupati Sukabumi di Maroko. Maka prestasi ini sebagai kado terbesar di Hari Jadi yang harus disyukuri bersama,” ungkapnya. (IST)

0 Komentar