UPI dan Pemkab Bahas Kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM 

UPI dan Pemkab Bahas Kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM 
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menerima kunjungan dari Program Studi Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Gedung Pendopo Sukabumi, Jumat (13/10).

Kunjungan yang dipimpin langsung Ketua Program Studi Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana UPI Prof Juju Masunah ini, menyampaikan implementasi kerjasama antara UPI dengan Pemkab Sukabumi yang telah ditandatangani sejak 2022 lalu.

BACA JUGA: Pemkab dan Universitas Gyeongnam Namhae Jalin Kerjasama

Mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan SDM. 

Prof Juju mengatakan, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilaksanakan atas kerjasama antara UPI dan Pemkab Sukabumi. Namun, baru beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam hal pengabdian dan penelitian kepada masyarakat.

Baca Juga:Minta Hujan, Masyarakat Cilacap Sholat Istisqo Ratusan Rumah di Sukamanis Kadudampit Teraliri Listrik Program BPBL

Terutama dari sisi memajukan kebudayaan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi.

“Sudah ada beberapa kegiatan yang kami lakukan di Kabupaten Sukabumi yang melibatkan sejumlah komunitas. Seni Wisata Pendidikan dan Festival ‘Aku dan Bambu’ menjadi salah satu yang dikebangkan bersama Yayasan Bumi Karuhun Kadudampit (YBKK),” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkab Gelar Persiapan Event CPUGGp Run 2023

Kegiatan ini, sebagai ajakan pula terhapat komunitas kreatif untuk bangkit dan berinovasi. Sehingga, seni-budaya bisa berkembang.

“Ketika ini digerakan, sanggar bisa hidup, seniman berinovasi dan akhirnya menjadi atraksi budaya yang dapat menjadikan daya tarik pariwisata,” ucapnya. 

Dalam mewujudkan itu semua, UPI bersama YBKK mengawalinya dengan mengembangkan SDM. Hal itu melalui pertunjukan yang terintegrasi antara lingkungan bambu dengan seni budaya.

BACA JUGA: Wow! Bahasa Indonesia akan Diajarkan di Universitas Harvard

“Jadi dalam pertunjukan nanti, ada teater, tari, hingga sajak yang mengkat kearifan lokal Kabupaten Sukabumi. Sehingga, goal akhirnya bisa menjadi kawasan wisata baru,” ungkapnya.

Sementara Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengapresiasi dan bersyukur UPI bisa berkiprah di daerahnya. Terutama dalam membantu menggali potensi di kabupaten terluas kedua se Jawa-Bali.

“Saya berterima kasih atas kerjasama ini,” terangnya. 

Baca Juga:Lulusan STISIP Widyapuri Harus Bisa Berdaya Saing di Era DigitalThariqoh Shiddiqiyyah Bangun Pesantren di Cisolok Sukabumi

Apalagi, Kecamatan Kadudampit menjadi salah satu wilayah yang seninya relatif banyak. Berkaitan implementasi kerjasama ini, H. Marwan meminta berbagai masukan dari UPI.

0 Komentar