Kemenko PMK RI Evaluasi Penanganan Stunting di Jabar 

Kemenko PMK RI Evaluasi Penanganan Stunting di Jabar 
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI menggelar Evaluasi Terpadu Percepatan Penanganan Stunting Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Hotel Pullman Bandung Jalan Diponegoro No. 27 Kota Bandung, Senin (23/10).

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Y. B. Satya Sananugraha meminta pemerintah daerah untuk fokus melaksanakan program percepatan penurunan stunting guna mencapai target penurunan menjadi 14 persen pada tahun 2024.

BACA JUGA: Pemkab Apresiasi Penurunan Stunting di Kecamatan Cidadap dan Sagaranten

Baca Juga:Empat Pelajar SMPN 2 Tampil pada FTBI Tingkat JabarProgram PTSL Minim Peminat

“Pemda agar lebih mengoptimalkan kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari tingkat provinsi hingga desa, yang dimulai dari proses perencanaan hingga implementasi dan monitoring agar intervensi tepat sasaran,” jelasnya. 

Dia juga mengapresiasi kinerja jajaran Pemprov Jabar yang telah menurunkan angka stunting dari 24 persen pada 2021 menjadi 20 persen pada 2022 berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

“Secara bersama telah melakukan penguatan, dukungan, dan afirmasi khusus secara konkrit dalam bentuk program dan kegiatan untuk melakukan akselerasi pencapaian target-target indikator dalam penurunan stunting di Jawa Barat,” katanya

BACA JUGA: DP2KBP3A Berkomitmen Turunkan Angka Stunting dan Sosialisasikan 1000 HPK

Sementara usai kegiatan, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri yang hadir didampingi Kepala Dinas Sosial, Kepala DP3A, Kepala Dinas Perkim, Perwakilan dari Dinas PMD, Dinas  kesehatan dan Dinas KBPP Kabupaten Sukabumi mengatakan bahwa substansi kegiatan adalah bagaimana mengevaluasi program kegiatan penanganan stunting ini dalam rangka percepatan penanganan stunting ditahun 2024.  

“Kita ingin target 14 persen sudah ditangani sesuai dengan arahan presiden, hari ini kita mengevaluasi langkah- langkah se- provinsi Jabar dan berharap upaya- upaya yang telah di lakukan di Kabupaten Sukabumi berdampak signifikan,” ungkapnya

Menurutnya, semua harus melakukan kegiatan yang lebih aktual lagi dan fokus kepada sasaran sehingga kolaborasi dan hasilnya akan lebih meningkat lagi.” Ujarnya

Baca Juga:Kecamatan Gunungpuyuh Inisiasi Pengelolaan SampahUpaya Memberantas BKCHT Ilegal

BACA JUGA: Percepat Penurunan Stunting, DP2KBP3A Kota Sukabumi Gelar Rakor di Kecamatan Cikole

Hadiri dalam acara tersebut  Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin , Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Y. B. Satya Sananugraha, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Serta  Plh Sekda Provinsi Jabar daban Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari  27 Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat. (Mg3)

0 Komentar