Penggunaan Ruas Jalan Cikakak-Ciputat Diresmikan

Penggunaan Ruas Jalan Cikakak-Ciputat Diresmikan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pembangunan Ruas Jalan Cikakak-Ciputat yang berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak diresmikan penggunaannya oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Kamis (16/11) kemarin.  

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan disambut antusias ratusan masyarakat sekitar. Ruas jalan Cikakak-Ciputat merupakan akses penghubung antara Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak dan Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu. 

Marwan mengatakan, pembangunan jalan tersebut dinilai dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat, selain itu di wilayah ini terdapat destinasi wisata unggulan Kab. Sukabumi yakni Wisata Bukit Sagara dan Puncak Robin. 

Baca Juga:Rencanakan Bangun Rumah Kemasan Produk IKMCuaca Ekstrem Picu Longsor dan Angin Kencang

“Desa Sukamaju dan sekitar Cikakak ini kita dorong untuk pertumbuhan pariwisatanya, karena di wilayah ini terdapat potensi yang setiap tahun nya bisa mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar,” jelasnya. 

Untuk itu, masyarakat harus terus tumbuh dan berkembang dengan potensi tersebut untuk mengkreasikan durian menjadi buah tangan bagi wisatawan. Apalagi, potensi ini jarang sekali dimiliki oleh wilayah-wilayah lain maka harus dikembangkan. 

“Buah durian ini tak hanya sebatas dijual buahnya, tetapi buatlah inovasi agar buah tersebut menjadi oleh-oleh wisatawan. Misalnya saja di kreasikan menjadi wajit durian ataupun lainnya,” terang H Marwan. 

Dia menyatakan, pembangunan infrastruktur tersebut diyakini bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi desa dalam koridor penguatan ibukota Kab. Sukabumi. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk memelihara jalan tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena tanpa pemeliharaan, usia jalan tidak akan bertahan lama.

“Kami titip betul jalan ini, apabila terjadi genangan air mohon segera di atasi,” tandasnya. 

Salah seorang Warga Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Omanudin (53) mengaku sangat bersyukur telah dibangunnya ruas jalan penghubung dua desa sepanjang 1 kilometer itu, sehingga mobilisasi masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah mendorong pertumbuhan pariwisata desa dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Cikakak khususnya Desa Sukamaju,” singkatnya. (IST/mg3)

0 Komentar