Menu Sehat Saat Berpuasa

Ilustrasi
Ilustrasi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Menu Sehat Saat Berpuasa harus diperhatikan karena gizi penting ketika kita menahan lapar sejak matahari terbit hingga terbenam.

Saat berpuasa, kita sering mengabaikan makanan sehat dan lebih memilih makanan yang mengenyangkan.

Padahal tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi daripada hanya rasa kenyang. Dengan berpuasa kita juga harus mengontrol asupan nutrisi sehingga dapat mendukung kebutuhan tubuh, serta menjaga agar tubuh tetap segar.

Baca Juga:Manfaat Puasa bagi KesehatanPembangunan Rabat Beton di RW07 Sindangpalay Dinilai Tim P2RW Pemkot Sukabumi

‘’Untuk menjaga kecukupan makanan yang bergizi dan seimbang, selama puasa tetap harus mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bersumber dari semua kelompok makanan utama berupa buah-buahan dan sayur-sayuran; roti, sereal, dan kentang; daging, ikan dan ayam; serta produk susu ,’’ ujar Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bros Panam Dika Maya Sari kepada Riau Pos, Rabu (16/5).

Ketika berbuka puasa, kurma dan air putih menjadi pilihan makanan pembuka yang sehat. Kedua makanan ini membantu memulihkan kadar gula dan cairan didalam tubuh.

Saat sahur, Anda sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung protein dan berserat tinggi, seperti ikan, kacang-kacangan, serealia, sayur dan buah. Selain membuat tubuh lebih lama kenyang makanan jenis ini juga mudah dicerna.

Selain itu, kebutuhan konsumsi cairan dan vitamin dari jus buah segar dapat Anda peroleh.

Hindari kafein, minuman dingin, teh, dan kopi karena menyebabkan Anda akan lebih cepat kehilangan cairan melalui buang air kecil. Anda juga akan dehidrasi.

Setiap harinya tubuh tetap membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang akan dirubah menjadi energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika asupan gizi berkurang dan aktivitas terlalu padat maka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit.

Baca Juga:Pentingnya Upaya Bersama Wujudkan Visi Kabupaten SukabumiPercepatan Pemberdayaan Anak Harus Jadi Perhatian Semua Pihak

Masalah kesehatan pada manusia biasanya timbul karena faktor makanan yang tidak tepat, kurang tidur, dan pikiran. Faktor makanan yang tidak tepat dan cenderung berlebihan justru yang paling sering ditemui.

Apalagi di bulan puasa ini, saat waktu makan hanya dua kali saat sahur dan berbuka pemilihan makanan harus lebih cermat agar tubuh tetap ternutrisi.

0 Komentar