Tol Bocimi Sesi Dua Kembali Difungsikan Walaupun dalam Kondisi Hujan Lebat

Situasi Tol Bocimi sesi Dua Ruas Jalan Cigombong-Parungkuda
Situasi Tol Bocimi sesi Dua Ruas Jalan Cigombong-Parungkuda
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi, terus mengantisipasi arus balik padat salah satunya dengan membuka jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) sesi dua ruas Cigombong-Parungkuda, meskipun dalam kondisi hujan lebat.

Terpantau, hujan mengguyur dengan intensitas tinggi sejak siang hingga Minggu (14/4/2024) malam. Selain menerapkan one way, kepolisian juga memfungsikan jalan tol dari arah Sukabumi menuju Jakarta.

Tol Bocimi sesi dua ruas Cigombong-Parungkuda ini sempat ditutup pada saat hujan, setelah terjadi longsor di KM 64 jalur Ambon (A) pada Rabu (3/4/2024) lalu.

Baca Juga:Masyarakat Ujunggenteng Sewakan Rumah untuk Penginapan WisatawanArus Balik, Penumpang di Terminal Meningkat 15 Persen

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, arus balik 2024 mulai menurun dibandingkan Sabtu (13/4) kemarin. Sementara tol dapat difungsikan saat hujan sebab dari pihak pengelola Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah menjamin keamanan bagi pengendara yang melintasi ruas Tol Cigombong-Parungkuda menuju Bogor atau Jakarta.

“Saat hujan kami mendapatkan instruksi dari BPJT untuk sementara tidak dilalui saat hujan, tapi pada siang tadi temen-temen BPJT menginformasikan bahwa untuk sementara waktu meskipun hujan bisa dipergunakan,” kata Tony.

Pihaknya memprediksi arus balik telah terjadi Sabtu (13/4) kemarin dan mulai berangsur menurun. Hingga Minggu malam, arus balik pemudik ataupun wisatawan masih terlihat memadati jalur arteri Jalan Nasional III Sukabumi-Bogor.

“Hingga jam empat sore warga yang berlibur di lokasi pantai sudah mulai balik baik itu ke arah Jakarta ataupun ke arah Bogor,” paparnya.

Ia menyebut, memasuki puncak arus balik 2024 pengendara di beberapa lokasi wisata Sukabumi mengalami penurunan. Dari 31 ribu, hingga pada Minggu (14/4) tercatat 29 ribu kendaraan yang melintasi kawasan wisata.

“ Hari ini memang ada sedikit penurunan dibanding kemarin yang berwisata sekitar 31 ribu di enam titik lokasi wisata di Kabupaten Sukabumi, hari ini hanya sekitar 29 ribu,” ujarnya.

Masih kata Tony, adapun batas waktu fungsional Tol Bocimi sesi dua ruas Cigombong-Parungkuda selama arus mudik dan balik ini, masih menunggu keputusan pihak BPJT terkait penutupan kembali ruas tol.

Baca Juga:Layanan Persalinan Capai TargetPuluhan Ribu Wisatawan Padati Objek Wisata Pantai Selatan

“Terkait hal tersebut (penutupan) apakah mau perbaikan lebih lanjut sampai kapan tentunya kami informasi dari teman-teman BPJT,” terangnya. (Lp6/SZ)

0 Komentar