TNI-Polri Sinergi Amankan Pilkada Serentak 2024

Ist
IST APEL GELAR PASUKAN: Unsur TNI dan Polri serta elemen pemerintah daerah melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 di eks Terminal Sudirman.
0 Komentar

JL LINGSEL – Apel Gelar Pasukan dilaksanakan di Eks Terminal Lama Kota Sukabumi sebagai bagian dari persiapan pengamanan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi tahun 2024, Selasa (20/8). Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen penting, termasuk Plh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hasan Asari dan unsur Forkopimda. Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi yang bertindak sebagai pembina apel. Apel siaga ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi dalam arahannya menekankan pentingnya kesiapan dan sinergi antara TNI-Polri serta instansi terkait untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar. Dalam konteks Pilkada serentak 2024, pemilihan kepala daerah merupakan bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih wakil mereka.

Oleh karena itu, jaminan keamanan menjadi sangat penting agar setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan. Terdapat berbagai tantangan yang perlu diantisipasi, termasuk potensi meningkatnya suhu politik yang bisa memicu kerawanan sosial dan politik.

Baca Juga:Komitmen Laksanakan Pengarusutamaan GenderSopir Angkot dan Ojol Akhirnya Berdamai, Dimediasi Polres Sukabumi Kota

Tahapan Pilkada yang dimulai dari tanggal 25 September hingga 23 November 2024 mencakup kampanye melalui pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga kampanye. Puncaknya akan terjadi pada tanggal 27 November 2024 saat pemungutan suara dilaksanakan.

Kapolres juga mengingatkan bahwa setiap tahapan Pilkada memiliki potensi kerawanan masing-masing, sehingga pengamanan yang baik dan komprehensif sangat diperlukan. Sinergi antara TNI-Polri dan instansi terkait diharapkan dapat menjaga situasi yang aman, damai, dan sejuk selama seluruh proses Pilkada.

Selain itu, netralitas menjadi hal yang sangat ditekankan dalam pelaksanaan Pilkada 2024. Semua pihak yang terlibat, khususnya aparat keamanan, diharapkan dapat menjalankan tugas dengan profesionalisme tinggi tanpa memihak kepada salah satu kandidat atau partai politik tertentu. Ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Apel gelar pasukan ini menjadi bukti komitmen Polres Sukabumi Kota dan jajaran terkait dalam memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada.

0 Komentar