Anggota PWI Kota Sukabumi Dituntut Harus Netral

Ist
Ikbal Zaelani Saptari Ketua PWI Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI – Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kota Sukabumi Ikbal Zaelani Saptari mengingat anggota organisasi profesi itu menjaga netralitas pada Pilkada serentak 2024. Imbauan itu tak terlepas untuk mendukung Pemilu yang jujur dan adil. “Kami mengajak wartawan khususnya anggota PWI Kota Sukabumi untuk bersikap netral dalam meliput pesta demokrasi Pilkada,” ujar Ikbal melalui keterangan resminya, kemarin (27/8).

Sikap netral itu dimaknai tidak berpihak dan mengedepankan keberimbangan pemberitaan. Sehingga para wartawan dapat menyajika berita yang berkualitas serta menjaga netralitas. “Selain itu seorang wartawan memiliki hak pilih, namun tetap harus menyajikan berita yang berimbang dan menunjukan sikap netralnya,” bebernya.

Fungsi dan peran pers pada pesta demokrasi lima tahunan in sangat krusial dan diperlukan dalam mendorong proses Pilkada yang transparan, jujur, dan adil. Profesi wartawan sebagai pilar keempat demokrasi sangat berperan penting dalam kelangsungan dan suksesnya proses demokrasi Pemilu 2024.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Pastikan Masyarakat Mendapat Pelayanan Sosialisasikan Pemanfaatan Data Kependudukan untuk ValiDorong Penggunaan PLTS Atap, Direksi PLN Icon Plus Kunjungi PT Indocement Tunggal Prakarsa di Cirebon

“Jadi wartawan atau anggota PWI Kota Sukabumi harus mengutamakan kepentingan publik di dalam setiap pemberitaannya,” jelasnya.

Peran media juga dibutuhkan menangkal penyebaran informasi bohong atau hoaks sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Media atau wartawan dituntut harus meluruskan informasi-informasi hoaks.

“Kita ikuti proses demokrasi Pilkada ini dengan menyajikan berita-berita yang informatif dan bisa mewujudkan pesta demokrasi yang damai,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar