Kelurahan Cikundul Dicanangkan jadi 'Desa Cantik'

Ist
LAUNCHING: Kelurahan Cikundul di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik). FOTO : IST/DOK HUMAS PEMKOT SUKABUMI
0 Komentar

SUKABUMI – Plh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Mohamad Hasan Asari, membuka kegiatan pencanangan Desa Cantik (Cinta Statistik) dengan tema ‘Satu Data Desa Indonesia’ yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Cikundul, Kamis (29/8). Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran dan literasi statistik di tingkat desa dan kelurahan.

Lurah Cikundul Agus Heryanto menyampaikan bahwa Kelurahan Cikundul telah ditunjuk sebagai lokus atau fokus pelaksanaan program Desa Cantik. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Kelurahan Cikundul serta akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya statistik,” ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas kerjasama dan kolaborasi yang diberikan dalam pelaksanaan program Desa Cantik. “Kami berharap Desa Cikundul dapat menjadi desa percontohan bagi desa-desa lainnya di masa mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga:Harga Minyak Goreng Curah Naik *Kemungkinan Dipengaruhi Regulasi BaruJelang Hari Pelanggan Nasional, Tim HSSE PLN Sukabumi Lakukan Edukasi Keselamatan Ketenagalistrikan Secara Doo

Pelaksanaan Desa Cantik dianggap penting dalam rangka meningkatkan literasi statistik, mengoptimalkan penggunaan data, serta membentuk agen-agen statistik di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Beberapa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan data statistik, serta memastikan data yang dihasilkan dapat diakses dan dimanfaatkan secara optimal.Plh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Mohamad Hasan Asari menekankan pentingnya mengakses data dari sumber yang akurat untuk menghasilkan dampak yang positif.

“Data yang digunakan harus sesuai dengan hasil survei dan tidak boleh sembarangan. Sistem pendataan yang baik sangat krusial dan sosialisasi ini bertujuan untuk mengembangkan literasi statistik di masyarakat,” kata Asari.

Dia juga menegaskan bahwa data yang dihasilkan bisa diolah menjadi dasar bagi skala prioritas pembangunan dan pengambilan kebijakan strategis di tingkat desa dan kelurahan. Program Desa Cantik ini menitikberatkan pada cinta terhadap statistik yang berdasarkan data yang akurat dan valid.Peran kepala desa atau lurah, aparat desa/kelurahan, serta agen atau komunitas statistik sangat besar dalam memastikan keberlangsungan dan pemanfaatan statistik di desa dan kelurahan. Dengan data yang dikelola dengan baik, diharapkan desa mampu mendukung pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Kegiatan ini akan berdampak dan menjadi langkah awal yang signifikan bagi Kelurahan Cikundul untuk mengelola dan memanfaatkan data statistik dengan lebih efektif, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah. (ist)

0 Komentar