Pengawasan Pilkada Tanggung Jawab Semua Unsur Masyarakat

Ist
Foto bersama Komisioner beserta Kepala Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Cibeureum
0 Komentar

CIBEUREUM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif (Soswatif) pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 di gedung Seribu Cahaya Limusnunggal, Sabtu (31/8) lalu.

Kegiatan dihadiri Kordiv PPPS Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah Abdi Negara serta PKD se-Kecamatan Cibeureum.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cibeureum, Erna Suminar didampingi Kordiv PPPS Yusuf Saeful Anwar dan Kordiv HP2HM Cep Danu mengatakan, sosialisasi ini juga menghadirkan para DKM, penyuluh agama, perwakilan pemerintah kelurahan dan kecamatan, para tokoh agama serta kader P2P se-Kecamatan Cibeureum.

Baca Juga:KPU Segera Verifikasi Berkas Dokumen Persyaratan BapaslonAnggota DPRD PKB Dorong Perda Pesantren Di Sukabumi

“Pertama kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk media informasi tentang tahapan-tahapan yang sedang berjalan dan yang akan dilaksanakan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024,” ujarnya.

Kedua, lanjut Erna, selain menjadi media informasi, sosialisasi ini dilaksanakan untuk membangun mitra strategis dalam setiap proses pengawasan tahapan pada Pilkada serentak 2024. “Karena proses pengawasan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab jajaran pengawas saja tapi menjadi tanggung jawab semua unsur masyarakat,” imbuhnya.

Ketiga, Erna berharap output dari kegiatan ini bisa memitigasi potensi-potensi pelanggaran yang nantinya bisa terjadi pada setiap tahapan pelaksanaan pilkada. Dengan adanya mitra strategis pihaknya juga menitipkan mata dan telinga kepada seluruh masyarakat agar dapat ikut terlibat dalam proses pengawasan.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memastikan kembali kesiapan Panwascam maupun PKD dalam menghadapi tahapan-tahapan selanjutnya, terkhusus tahapan yang akan kita laksanakan nanti yakni tahapan kampanye,” pungkasnya (SZ)

0 Komentar