DLH Curhat ke Komisi II DPRD Terkait Penanganan Sampah

Ist
DLH Curhat ke Komisi II DPRD Terkait Penanganan Sampah
0 Komentar

PALABUHANRATU – Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi meminta solusi kepada semua pihak agar dapat menemukan solusi terkait penanganan permasalahan sampah di sepanjang Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas DLH Prasetyo saat Kunjungan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi Hamzah Gurnita ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLN Indonesia Power Palabuhanratu, Senin (7/10) beberapa waktu lalu.

“Kami dari DLH sudah menjelaskan bahwa apa saja yang selama ini menjadi isu masyarakat dan lingkungan yang terjadi, salah satunya yaitu mengenai sampah di pantai Loji. Kita sedang mengadakan perjanjian kerjasama untuk menyelesaikan masalah sampah dipantai Loji dan sekitarnya, termasuk Abrasi Pantai Cipatuguran, kita sudah sampaikan dab PLTU sedang mengkaji, teknologi apa yang akan dilakukan mencegah Abrasi di patuguran,” terang Prasetyo kepada media.

Baca Juga:Desa Ciengang dan Sukamaju Terima Hibah Infrastruktur Berbasis InternetPerkuat Kolaborasi untuk Pengembangan Smart City

Selain itu, dia juga menyampaikan bagaimana mencegah dan melakukan penangan sampah di Sungai Cimandiri. Yakni dapat mengurangi prilaku masyarakat untuk membuang sampah ke sungai, terutama perusahaan yang berada di banta sungai.

“Harapan saya masyarakat dapat berperan aktif tidak membuang sampah disepanjang sungai Cimandiri. Tak hanya itu, kita pun sudah koordinasi dengan sejumlah perusahaan yang berada dekat sungai untuk melakukan pengendalian agar tak terjadi pencermaran terhadap sungai,” sambungnya

Masih kata Prasetyo, dengan adanya kerjasama dengan beberapa stekeholder. DLH terus berupaya melakukan penanganan terhadap permasalahan tersebut. Terutama masalah sampah di Pantai Loji.

“Kita ingin adanya perjanjian kerjasama antara PLTU dengan pemda, karena DLH ingin berupaya menyelesaikan masalah ini. Karena memang pantai Loji ini menjadi tempat atau muara sampah,” pungkasnya. (mg3)

0 Komentar