Presiden Jokowi Meminta Mempercepat Izin Festival Musik, Simak Ulasannya!

Presiden Jokowi Meminta Pemerintah Daerah Mempercepat Izin Konser Musik
Presiden Jokowi Meminta Pemerintah Daerah Mempercepat Izin Konser Musik/ https://id.pinterest.com/https://pin.it/2itK0UT
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESPresiden RI Joko Widodo meminta pada seluruh pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan dan mempercepat izin untuk penyelenggaraan festival seni seperti musik, olah raga, dan acara seni lainnya dengan tujuan untuk mendorong belanja masyarakat .

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tahun 2023 di Balikpapan, Kalimantan Selatan, Kamis.

“Saya bertemu dengan Gubernur, Wakil Gubernur, dan jajaran Sekretaris Daerah berkaitan dengan izin-izin permasalahan ini, jangan sampai ada yang dihambat karena hal tersebut menyangkut pada belanja masyarakat. Enggak apa-apa bila digunakan untuk menonton sebuah konser, sepak bola, biarkan saja masyarakat meluangkan waktunya untuk spending time,” ujar Presiden dalam kanal Yotube Sekretariat Presiden, Kamis.

Baca Juga:Sri Mulyani Mengecam Tindakan Mario Dandy Terhadap David, Berikut Ulasannya!Harga Bahan Pokok di Kota Bandung Melambung Tinggi

Presiden pun telah memperkirakan kurang lebih 3.000 acara seni, olah raga, dan festival musik yang akan digelar tahun 2023 ini, hal ini pun seiring dicabutnya PPKM.

Menurut Presiden Joko Widodo, penyelenggaraan acara seni dan olah raga tersebut menjadi sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat melalui belanja masyarakat tersebut.

Presiden pun mengatakan bahwa tabungan masyarakat di perbankan mencapai Rp. 690 triliun, namun dana tersebut tidak dapat dibelanjakan karena masyarakat masih mengendalikan pengeluarannya, terutama pada saat masa PPKM masih berlaku.

Maka dari itu, Presiden Joko Widodo meminta pada semua pemerintah daeran untuk mempercepat proses perizininan untuk kegiatan seni dan olah raga tersebut. Pasalnya, penyelenggara acara seperti Event Organizer atau EO masih mengeluhkan lambatnya proses perizinan untuk mengadakan kegiatan acara tersebut.

Dari hal tersebut, Presiden meminta untuk mempercepat perizinan setidaknya dua bulan sebelum kegiatan acara diselenggarakan, sehingga pihak EO dapat memiliki waktu yang banyak untuk mempromosikan kegiatannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berencana akan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait pembahasan mengenai perizinan penyelenggaraan acara atau event di Indonesia.

“Di tahun 2023 ini masa mau begini terus, lambat laun kita harus memulai perubahan, maka dari itu saya mendapatkan izin langung dari bapak Presiden untuk mempersiapkannya. Pas banget momentnya saat sedang rapat terbatas yang membahas perizinan dan mudah-mudahan langsung disepakati perizinan berbasis elektronik,” ucap Sandiaga dalam pembukaan Indonesia Event Management Summit (IVES) 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

0 Komentar