Hilal Penentu Awal 1 Dzulhijah di POB Cibeas Belum Terlihat

Hilal Penentu Awal 1 Dzulhijah di POB Cibeas Belum Terlihat
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Rukyatul hilal penentuan awal 1 Dzulhijah 1444 Hijriah di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan tak terlihat karena belum memenuhi kriteria mabin, Minggu, (18/6).

BACA JUGA: Harga Bapoktin Jelang Idul Adha Stabil

Dewan Hisab Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi, Asep Saprudin menjelaskan, ada beberapa penyebab tak terlihatnya hilal pada saat itu. Alasannya karena kriteria mabin tak memenuhi, pasaknya terhalang oleh gunung dan cuaca mendung.

“Dengan kondisi seperti ini hilal tidak mungkin terlihat di Palabuhanratu,”terangnya

Baca Juga:Perantau Diminta Kembali jika Sudah Sukses di PerantauanCegah Warga jadi Buruh Migran, Dorong Peluang Usaha di Geopark

Dijelaskannya, tinggi hilal di POB Cibeas ada pada 1 derajat 16 menit dan kriteria hilal terlihat di posisi hilal 4 derajat dengan lama hilal 4 menit, tepat pada pukul 17:47 menit 51 detik sampai 17:51 menit WIB.

BACA JUGA: DKP3 Awasi Penyembelihan Hewan Kurban di 350 Lokasi

“Usia hilal sekarang adalah sangat singkat, adapun data hasil penentuan awal 1 Dzulhijah 1444 Hijriah di POB Cibeas langsung di laporkan ke pusat sebagai bahan sidang isbat untuk memperoleh kesepakatan,” jelasnya.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyebut, bahwa pelaksanaan penentuan awal 1 Dzulhijah bertujuan untuk menyamakan persepsi sehingga diperoleh suatu kesepakatan kapan tanggal 1 Dzulhijah ditetapkan.

Hal tersebut agar umat muslim dapat lebih tenang beribadah menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

“Pada prinsipnya jangan sampai terjadi polemik apalagi dalam memanfaatkan media sosial,” ungkapnya. 

Disampaikannya, adanya rukyatul penentuan ini pemerintah ingin melihat kondisi masyarakat Kab. Sukabumi bisa kondusif secara utuh sehingga mereka yang mempunyai perbedaan pemikiran tidak menimbulkan persepsi yang tidak diharapkan.

“Penentuan ini diharapkan bisa menjadi momen untuk menentramkan masyarakat agar tidak menimbulkan persoalan,” pungkasnya

Baca Juga:BPBD: Tingkatkan Kewaspadaan!Bencana Picu Kerugian Rp2,8 Miliar

BACA JUGA: Berikut Titik Lokasi Pemantauan Hilal Oleh Kemenag di Pulau Jawa

Terakhir Marwan  mengaku bangga adanya gelaran rukyatul hilal di POB Cibeas mengingat secara kuantitas yang menyaksikan hadir dari berbagai elemen, mulai dari unsur pemerintah, organisasi masyarakat Islam, BMKG, Pengadilan Tinggi Agama, perwakilan media dan lainnya. (mg3)

0 Komentar