SMK Swasta Harus Cetak Lulusan Berkompeten

SMK Swasta Harus Cetak Lulusan Berkompeten
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES- SMK Swasta, Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi keberadaan sekolah swasta. Keberadaannya diharapkan bisa mencetak lulusan yang memiliki kompetensi pada berbagai bidang ilmu.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat membuka Expo 3 Pendidikan SMK Swasta di GOR Merdeka Kota Sukabumi, kemarin (9/3). Ajang itu merupakan sarana memperkenalkan sekolah swasta yang memiliki prestasi kepada masyarakat.

“Ajang Expo 3 ini merupakan bagian dari pemulihan dampak pandemi covid-19, khususnya bidang pendidikan,” ujar Fahmi.

Baca Juga:Mandi Junub Sebelum Puasa RamadhanUngkap Kasus Penganiayaan, Personel Polres Sukabumi Diganjar Penghargaan

Kegiatan diikuti 23 SMK se-Kota Sukabumi. Menurut Fahmi, ada berbagai tantangan dunia pendidikan, terutama harus mencetak karakter anak didik yang berotak cerdas, sehat fisik, akhlak terpuji, dan ibadah yang kuat.

“Kami menyakini, sekolah swasta di Kota Sukabumi mampu mewujudkan empat tantangan ini,” terangnya.

Pendidikan merupakan salah satu isu yang cukup mencuat saat digelar G20 belum lama ini. Utamanya mempersiapkan lulusan sekolah dengan ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Dunia usaha berubah dan SDM juga yang dibutuhkan berubah jadi tantangan,” kata Fahmi.

Sejauh ini indeks pendidikan Kota Sukabumi menjadi salah satu tertinggi di Jabar. Namun tentu harus dibarengi juga dengan penyerapan kerja bagi siswa yang baru lulus ketika memutuskan tak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Sehingga harus ada pendidikan vokasi. Tinggal bagaimana SMK negeri dan swasta menghadirkan pendidikan vokasi,” tegasnya.

Fahmi menitipkan pesan agar sekolah negeri dan swasta menjadi bagian tidak terpisahkan mencerdaskan anak bangsa.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Komunikasikan Perbaikan Ruas Jalan RusakResep Menu Takjil Pie Kurma Praktis

“Jangan ada persaingan dan perseteruan negeri dan swasta. Sebab kebersamaan menjadikan hebat dan persatuan menjadi kuat. Harus bisa berkolaborasi menghadirkan pendidkan berkualitas,” pungkasnya. (rls)

0 Komentar