10 Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba, Bikin Lidah Bergoyang !

(Sumber Gambar: Pixabay/Makanan Khas Sunda)
(Sumber Gambar: Pixabay/Makanan Khas Sunda)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS – Makanan Khas Sunda memang memiliki citra rasa yang sangat lezat dan dapat menggoyang lidah kalian loh.

Makanan khas Sunda merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia.

Berikut ini adalah 10 makanan khas Sunda yang wajib dicoba, lengkap dengan keterangannya:

Baca Juga:Cicipi 4 Makanan Khas Sukabumi, Favorit Saat Ramadhan!Makanan Khas Purwakarta Ini Wajib Kamu Coba !

1.Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan sayur lodeh, ayam goreng, dan sambal terasi.

Makanan yang satu ini merupakan hidangan favorit bagi warga Indonesia terkhusus Jawa Barat, karena menawarkan banyak varian rasa yang sangat memanjakan lidah.

2.Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate yang terbuat dari daging sapi, dilumuri bumbu khas Sunda, dan dipanggang di atas arang. Biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.

3.Pepes Ikan

Pepes Ikan adalah ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Sunda, dibungkus dengan daun pisang, dan dipanggang. Rasanya sangat lezat dan harum.

4.Batagor

Batagor adalah akronim dari Baso Tahu Goreng, yaitu bola-bola daging ikan yang dibungkus dengan tahu dan digoreng. Biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis.

5.Sayur Asem

Sayur Asem adalah sayur yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, jagung muda, labu siam, dan daun singkong yang direbus dengan bumbu asam.

6.Karedok

Karedok adalah salad yang terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, kol, dan tauge yang dilumuri bumbu kacang.

Baca Juga:5 Budaya Indonesia yang Diakui Sebagai Warisan Dunia UNESCO, Keren Banget Loh !4 Negara Terindah Di Dunia yang Menawan, Bisa Jadi Referensi untuk Liburan

7.Cireng

Cireng adalah singkatan dari Aci Goreng, yaitu gorengan berbahan dasar tepung tapioka yang digoreng dan disajikan dengan saus kacang.

8.Soto Bandung

Soto Bandung adalah sup yang terbuat dari daging sapi, kentang, dan tauge dengan kuah yang kaya rempah-rempah.

9.Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Sunda seperti ikan asin, ayam goreng, dan tahu tempe.

10.Es Doger

Es Doger adalah minuman dingin khas Sunda yang terbuat dari es serut, kelapa parut, alpukat, kolang-kaling, dan sirup merah.

Dengan mencicipi 10 makanan khas Sunda yang lezat ini, Anda akan semakin menyadari kekayaan kuliner Indonesia. Selamat mencoba! (*).

0 Komentar