Lomba Literasi Harus Sering Digelar Menyongsong Indonesia Emas 2045

0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menutup kegiatan lomba literasi yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi di Komplek GOR Cisaat, Kamis (7/9)

Usai kegiatan Ade meminta lomba literasi ini sering dilaksanakan. Hal itu untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Kabupaten Sukabumi

“Bila perlu lomba semacam ini satu semester sekali diadakan,” ujarnya. 

Apalagi, peserta lomba literasi ini diikuti dari tingkat anak usia dini hingga remaja. Di mana, anak usia tersebut harus terus dibimbing untuk menjadi generasi penerus bangsa yang handal. 

Baca Juga:Masyarakat Mekar Asih Dapat Bantuan Pengerukan Irigasi Jalur PasirmalangPMA dan Sejumlah Dubes Direncanakan Hadiri HJKS ke-153

“2045 merupakan Indonesia emas. Adik-adik semua merupakan generasi penerus bangsa. Semoga, kemajuan bangsa kita ada di tangan adik-adik semua,” ucapnya.

BACA JUGA: Meriahkan HJKS ke-153, Pemkab Gelar Jalan Sehat dan Senam Bersama

Oleh karena itu, Sekda meminta orangtua untuk terus memotivasi anaknya. Sehingga, mereka selalu semangat dalam beraktivitas yang positif. 

“Mohon anak-anak ibu/bapak dimotivasi dan diberi semangat. Jangan sampai mereka terlena,” ungkapnya. 

Apalagi, zaman sudah berkembang. Mempersiapkan generasi bangsa harus sedari dini. Sebab, mereka akan menjadi pemimpin pengganti orangtua saat ini.

BACA JUGA: Perwakilan OPD Ikuti Lomba Senam Gurilaps Ikon Kabupaten Sukabumi

“Manfaatkanlah perpustakaaan yang ada. Sebab, perpustakaan sekarang berbeda dengan dulu. Di mana, banyak aktivitas di perpustakaan, termasuk mengenai dunia digital,” terangnya.

Baca Juga:Satpol PP Sukabumi Sikat Baligo CalegSuara Warga NU di PKB Dinilai tak Solid Dukung Anies-Cak Imin

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, Eman menambahkan, beraneka jenis lomba dilaksanakan dalam kegiatan ini. Hal itu untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar masyarakat. 

“Ada lomba mewarnai, bercerita sunda, menulis dan membaca puisi, membuat cerpen, jingle, perpustakaaj sekolah, dan pengelola perpustakaan,” bebermya.

BACA JUGA: Wali Kota jadi Tokoh Literasi Digital Daerah

Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 153 ini pun, sekaligus mempromosikan perpustakaan di era modern. Di mana, tidak sekadar membaca dan meminjam buku saja. 

“Kami ingin mengimplementasikan fungsi perpustakaan. Apalagi di era teknologi informasi yang berkembang saat ini,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar