IPAL Bisa Kurangi Kebiasaan Buruk Masyarakat

IPAL Bisa Kurangi Kebiasaan Buruk Masyarakat
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di RW 01 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi yang berbentuk septic tank komunal sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Keberadaannya sekaligus juga bisa mengurangi open defecation free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan.

Pembangunannya dimulai sejak Agustus tahun ini. Hingga saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 24,55 persen pada tahap pertama.

Baca Juga:Intensifkan Pengawasan Keamanan Pangan, Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman MasyarakatDP2KBP3A Berkomitmen Turunkan Angka Stunting dan Sosialisasikan 1000 HPK

“Ini merupakan program pertama bagi Kelurahan Sukakarya bantuan dari Kementerian PUPR. Ada 10 unit septic tank komunal yang dimanfaatkan masing-masing warga,” kata Lurah Sukakarya, Lina Yuliana Supriatin, kepada wartawan, kemarin (16/10).

Dari 10 unit septic tank komunal tersebut, 1 unit ada yang dimanfaatkan oleh 5-6 kepala keluarga. Mereka terdiri dari 12-15 jiwa yang selama ini masyarakat membuang air besar ke selokan.

“Sebelumnya memang belum ada instalasi, jadi warga membuangnya langsung ke selokan. Sekarang disalurkan melalui IPAL yang nantinya juga akan diproses penyulingan menghasilkan air yang jernih,” jelas Lina.

Pembangunan IPAL tahap kedua masih terus berjalan. Lina juga menyampaikan, Kelurahan Sukakarya memiliki 49 RT dan 13 RW.

Sampai sekarang masih banyak warga yang belum memiliki septic tank komunal. Untuk itu Lina akan terus memperjuangkan bantuan dengan mengajukan kembali di tahun depan untuk mengurangi ODF di wilayahnya.

“Di Dinas Kesehatan juga ada program untuk pembangunan septic tank komunal. Semoga ada warga yang mau menghibahkan tanahnya untuk pembangunan tersebut,” katanya.

Kelurahan Sukakarya terus gencar menyosialisasikan setop buang air besar sembarangan sebagai upaya menuntaskan ODF.
Masyarakat juga bisa mengajukan pembuatan septic tank komunal melalui anggaran P2RW.

Baca Juga:Alami KDRT, Hubungi Call Center 0811-111745 DP2KBP3A Kota SukabumiPercepat Penurunan Stunting, DP2KBP3A Kota Sukabumi Gelar Rakor di Kecamatan Cikole

“Semoga saja masyarakat bisa segera sadar tidak membuang tinja ke selokan. Selain tidak baik bagi kesehatan, juga rawan terjadinya stunting,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar