Sepuluh Peristiwa Besar yang Terjadi saat Bulan Suci Ramadan

Ilustrasi
Ilustrasi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Bulan suci Ramadan, bulan penuh berkah bagi umat Islam.

Beberapa di antaranya adalah turunnya Al Quran, perang Badar, hingga wafatnya istri Rasulullah ummul mukminin, Khadijah.

1. Nuzulul QuranKitab suci Al Quran diturunkan pada bulan Ramadan, ditandai ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali, surah Al Alaq ayat 1-5.

Baca Juga:Masyarakat Diminta Kuatkan Pendidikan dan Pondasi Agama Anak-anakDiduga Lalai Tangani Persalinan, Pasien Polisikan RSUD Palabuhanratu

Menurut mazhab Imam Syafii kalam Allah turun pada 17 Ramadan R (610 Masehi).

2. Wafatnya KhadijahIstri Nabi Muhammad SAW, ummul mukminin Khadijah wafat pada 10 Ramadan (619 Masehi).

3. Wafatnya RuqqayahPutri Rasulullah SAW, Ruqqayah, meninggal pada usia 22 tahun, saat Perang Badar pada tahun 2 hijriah (624 Masehi). Dia merupakan istri dari sahabat Rasulullah SAW, Utsman bin Affan RA.

4. Penghancuran berhalaSetelah menaklukkan Mekkah (630 Masehi), Nabi Muhammad SAW mengamanhkan Khalid bin Walid, Amr bin Ash, dan Sa’ad bin Zaid untuk menghancurkan berhala yang berada di sekitar Ka’bah.

5. Wafatnya Ali bin Abi ThalibAli bin Abi Thalib, khalifah pertama dari bani Hasyim yang juga menantu Rasulullah SAW meninggal pada 21 Ramadan, tahun 40 Hijriah (661 Masehi) dalam usia 63 tahun.

6. Lailatul QadarMalam yang lebih baik dari seribu bulan dialami Rasulullah SAW usai menyendiri dan mendapat wahyu pertama di Gua Hira pada Ramadan (610 Masehi).

Lailatul Qadar dikisahkan berlangsung pada salah satu malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan.

7. Perang Badar

Baca Juga:Polres Antisipasi Arus Mudik dan Balik Lebaran Tahun iniPemkot Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan

Terjadi pada hari Jumat, 17 Ramadan tahun 2 Hijriah (624 Masehi). Ini perang pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum Quraisy di daerah bernama Badar. Perang berakhir dengan kemenangan kaum Muslim.

8. Pembebasan Kota MekkahTerjadi pada 10 Ramadan tahun 8 Hijriah (630 Masehi) saat Rasulullah SAW bersama pada sahabat dan 10.000 kaum muslim menaklukkan kota Mekkah secara damai.

9. Wafatnya Fathimah Az-ZahraPutri Rasulullah SAW Fathimah Az-Zahra wafat dalam usia 28 tahun pada 3 Ramadan, 11 Hijriah (632 Masehi). Dia merupakan istri dari sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib.

10. Wafatnya AisyahUmmul mukmini Aisyah wafat di Madinah pada 17 Ramadan 58 Hijriah (678 Masehi). Dia adalah putri dari sahabat Nabi, Abu Bakar ash-Siddiq yang diperistri Rasulullah SAW.

0 Komentar