Dinas kesehatan Kota Sukabumi Bina Penyehat Tradisional

Ist
PEMBINAAN: Dinkes Kota Sukabumi melaksanakan pembinaan sekaligus silaturahmi dengan para penyehat tradisional empiris yang telah mengantongi perizinan.
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menggelar pertemuan bersama penyehat tradisional empiris yang telah mengantongi surat perizinan. Hal itu dilakukan selain untuk mempererat silaturahmi juga sebagai upaya melakukan pembinaan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi, Lulis Delawati, menjelaskan dari sebanyak 77 penyehat tradisional empiris yang terdaftar, hanya 45 orang yang diundang. Hal itu mengingat adanya keterbatasan ruangan pertemuan. “pertemuan ini untuk menjalin silaturahmi dan pembinaan kepada penyehat tradisional empiris yang ada di Kota Sukabumi,” ujar Lulis kepada wartawan, Rabu (16/10).

Penyehat tradisional merupakan orang yang melakukan pelayanan kesehatan secara tradisional empiris yang pengetahuan dan keterampilannya diperoleh melalui pengalaman turun temurun atau pendidikan nonformal. “Penyehat tradisional ini tentunya harus memiliki izin dan setiap dua tahun sekali diperpanjang. Saat ini, kami melakukan pembinaan agar mereka dapat memperjuangkan izin serta melaksanakan tugas dengan amanah,” jelasnya.

Baca Juga:Pemerintahan Kota Sukabumi Apresiasi Program Inovasi di KecamatanDinas PUTR Normalisasi Bendungan Jayaraksa

Penyehat tradisional diminta untuk tetap menggunakan obat-obatan tradisional dan tidak menggunakan bahan kimia. “Kami ingatkan agar para penyehat tradisional melaksanakan tugasnya dengan sesuai dan betul-betul menggunakan obat tradisional,” imbuhnya.

Berbagai upaya yang dilakukan selain dapat mempererat silaturahmi antara Dinkes dengan penyehat tradisional juga mampu meningkatkan profesionalitas. “Kami harap semua penyehat tradisional dapat mengurus perizinanannya,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar