oleh

17 Ribu Dosis Vaksin Akhirnya Tiba untuk Sukabumi

SURYAKENCANA – Distribusi vaksin covid-19 akhirnya tiba di Kota Sukabumi, kemarin (26/1). Sebanyak 6 ribu vial atau dosis siap digunakan untuk 3 ribu orang.

Kedatangan rombongan pembawa vaksin disambut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. Vaksin langsung disimpan di gudang milik Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

“Alhamdulillah, hari ini (kemarin) pukul 10.20 WIB, kami menerima vaksin tahap pertama yang dikirim Pemprov Jabar,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Jumlah vaksin tahap pertama sebanyak 6 ribu vial yang akan digunakan untuk 3 ribu orang. Awalnya, Pemkot Sukabumi mengajukan sebanyak 4.126 tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pendukung lainnya sebagai penerima vaksin.

Akan tetapi karena baru mendapatkan 6 ribu vial untuk 3 ribu orang, maka sementara waktu diprioritaskan untuk tenaga kesehatan terlebih dulu sebanyak 2.550 orang dan 10 orang ditetapkan pemerintah pusat untuk ikut tahap pertama.

Rencananya, pemberian vaksin pertama kali dilakukan pada Kamis (28/1). Sementara waktu pemberian vaksin di tiga waktu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu di 24 lokasi yang telah ditetapkan di 15 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 3 klinik.

Menurut Fahmi, vaksin ini disimpan di gudang yang disiapkan dan telah memenuhi standar aman serta akan dijaga oleh aparat Polres Sukabumi Kota.

Di sisi lain vaksinator sudah dilatih berjenjang baik pemerintah pusat dan provinsi dan siap melaksanakan tugas. Pemkot juga telah membentuk tim memantau kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

Di tempat terpisah, Kabupaten Sukabumi pun menerima distribusi vaksin sebanyak 11 ribu vial dari Pemprov Jabar. Prosesi penerimaan vaksin dipusatkan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Gudang Farmasi di Jalan Raya Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, kemarin (26/1).

Rencananya, beberapa bulan ke depan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mulai melakukan vaksinasi vovid-19 sesuai tahapan.

“Alokasi sasaran pendistribusian tahap awal vaksin ini untuk tenaga fasilitas kesehatan di 58 Puskesmas, 8 rumah sakit, dan 6 klinik di Kabupaten Sukabumi,” kata Wakil Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Kabupaten Sukabumi, Ade Setiawan, didampingi Kapolres Sukabumi Lukman Syarif, saat menerima kedatangan vaksin.

Tahap awal, target penerima vaksin di Kabupaten Sukabumi sebanyak 6.710 orang yang merupakan tenaga kesehatan. Adapun vaksin yang diterima sebanyak 11 ribu vial merupakan tahap pendistribusian awal. “Kami mengajukan sebanyak 1,4 juta vial vaksin,” tambahnya.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni, mengaku mengerahkan sebanyak 128 personel untuk mengawal dan mengamankan semua tahapan vaksinasi covid-19.

Termasuk saat pendistribusian dari Pemprov Jabar ke Kota Sukabumi. Personelnya akan ditempatkan di gudang penyimpanan vaksin covid-19. “Penjagaan akan kita lakukan 1×24 jam,” katanya.

Pengamanan pun akan dilakukan di 24 titik pelaksanaan vaksinasi yang telah ditunjuk Pemerintah Kota Sukabumi seperti di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik. “Di setiap titik kita tugaskan tujuh sampai sepuluh orang anggota,” pungkasnya. (rls/job3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *