Masyarakat Desa Cijengkol Gotong Royong Bangun TPT

Masyarakat Desa Cijengkol Gotong Royong Bangun TPT
GOTONGROYONG : Kegiatan Gotongroyong yang dilaksanakan masyarakat Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

CARINGIN – Masyarakat Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin bersama aparat desa, Koramil 0711 Cibadak, dan Polsek Caringin, kompak melaksanakan gotongroyong membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah di sempadan jalan lingkungan kampung Salakopi RT001 RW011 dengan panjang 10 Meter dan tinggi 4,50 Meter, Jumat (15/7) lalu.

Kades Cijengkol, Haer Suhermansyah, mengatakan gotongroyong ini inisiatif masyarakat untuk menguatkan dan melestarikan infrastruktur yang ada.” Masyarakat masih menjaga tradisi gotongroyong, berkolaborasi dalam menyikapi kebutuhan dasar infrastruktur, selagi kami bisa kami mampu tentu kami lakukan” ungkap Haer.

Bukan hanya jalan lingkungan, lanjut Haer, beberapa kegiatan lainnya banyak yang sudah terbantu oleh konsep kolaborasi itu diantaranya Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), penanganan bencana, santunan anak yatim melalui Forum Peduli Yatim Desa. “Kami ingin gotongroyong sebagai ciri khas kearifan sosial yang tetap ada dan dipertahankan di desa Cijengkol, selain memudahkan pekerjaan, rasa kekeluargaan juga semakin kuat, ” tambahnya.

Baca Juga:Anggota Geng Motor Pelaku Pembunuhan Diciduk Polres SukabumiBerbagai Lomba Meriahkan HDKD di Lapas Sukabumi

Senada disampaikan Ferry (38) salah seorang warga Cijengkol, bahwa gotong royong sudah lama dilakukan dan memudahkan pekerjaan. “Tak terasa pak, cepat beres, hasilnya juga segera bisa dimanfaatkan oleh warga disini khususnya” ujarnya.

Gotong royong juga tak hanya tenaga dan sumbangan material untuk pembangunan, masyarakat juga menyiapkan konsumsi untuk para pekerja.
“Apa yang bisa, ya kerjakan, tenaga dan materi termasuk dukungan konsumsi, semua berguna membantu pekerjaan yang sedang dilaksanakan,” pungkasnya. (IST)
Jajaran Kepolisian Resor Sukabumi gencar menggelar patroli malam dengan melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Sabtu malam (16/7) lalu.

0 Komentar