Taman Edelweis Rancaupas Rusak, Dampak Dari Acara Motor Trail

Taman Rancaupas
Kondisi Taman Edelwies Terkini/tiktok mang_uprit_mangprang79
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Acara perlombaan motor trail yang diselenggarakan di kawasan Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung menyebabkan beberapa hektar taman Edelweis hancur.

Dikutip dari timesindonesia, menurut Uprit salah seorang warga Rancaupas yang menyaksikan kejadian tersebut sangat menyayangkan kejadian tersebut.

Penyelenggaraan acara tersebut terbilang buruk karena merusak lingkungan. Dampaknya adalah, rusaknya beberapa hektar taman Edelweis yang merupakan salah satu destinasi unggulan di kawasan Rancaupas,” ujarnya

Baca Juga:Wow! Pisang Goreng di Nobatkan Sebagai Dessert No.1 di DuniaSimak Kenaikan Tarif Listrik Tahun 2023, Cek Ulasannya Berikut Ini!

Dikatakan pula bahwa bunga Edelweis yang tumbuh rimbun di kawasan Rancaupas tersebut hanya dapat tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia, dan salah satunya terdapat di kawasan Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Selain dari itu, kerusakan taman Edelweis di Kawasan Rancaupas tersebutpun merusak kawasan hutan yang terdapat di wilayah Rancaupas, hal ini terlihat dari kontur tanah yang berlubah dan rusak.

Menurut Manager Site Kampung Cai Rancaupas, Argo Wibowo mengatakan,

“Bahwa salah satu kawasan yang rusak ialah Camping Ground saja, namun saat ini kami sedang benahi wilayah tersebut agar dapat kembali digunakan sebagai tempat wisata,” ucapnya

Aro menuturkan bahwa peristiwa rusaknya taman Edelweis di kawasan Rancaupas akibat dari adanya kegiatan acara motor trail pada 6 Maret 2023 ini karena para peserta mabal atau keluar dari jalur trak, sehingga memasuki kawasan Savana yang disana terdapat wilayah taman Edelweis.

Berkaitan dengan kerusakan taman Edelweis di kawasan Rancaupas tersebut, Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengecam kegiatan trail yang merusak kawasan taman Edelweis tersebut.

Dadang pun menegaskan pada seluruh pihaknya untuk tidak pernah atau tidak akan kembali mengizinkan segala bentuk kegiatan yang merusak lingkungan.

Saya sangat menyayangkan atas kejadian yang terjadi ini, dari kejadian ini saya beserta jajaran tidak akan memberikan izin bagi segala bentuk kegiatan yang merusak alam lingkungan!,’ tegasnya.

Baca Juga:Destinasi Wisata Budaya Kampung Adat CireundeuKini Hadir Varian Terbaru Dari Yamaha Fazzio Dengan Warna Baru!

Sebelumnya, telah beredar video di media sosial Instagram akun @timesindonesia yang menampilkan sesosok pria yang menjelaskan rusaknya taman Edelweis di kawasan Rancaupas, Ciwidey tersebut yang diakibatkan oleh kegiatan motor trail.

Bagi seluruh teman-teman, terutama panitia yah yang menyelenggarakan kegiatan ini dan bagi pihakPerhutani, Lihat! Lihat semua! Rusak! Hancur. Kini saya dengan teman-teman akan kembali merelokasi wilayah ini agar kembali dapat menanam tanaman yang hanya ada di beberapa wilayah saja, salah satunya disini,” tegas Kang Uprit dalam video Tiktoknya.

0 Komentar