DKUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Ceremony Program UMKM Naik Kelas

IST
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat meninjau kegiatan Program UMKM Naik Kelas di Aula Setda Kabupaten Sukabumi-Palabuhanratu
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi menggelar Opening Ceremony Program UMKM Naik Kelas di Aula Setda Kabupaten Sukabumi-Palabuhanratu pada Rabu (22/03).

Kegiatan yang diikuti 100 pelaku usaha se-Kabupaten Sukabumi ini dihadiri Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Kepala Bidang Usaha Kecil (Diskuk) Jabar, Ucup Yusuf. 

Marwan mengatakan, pemerintah pusat hingga daerah kini tengah berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) UMKM untuk percepatan ekonomi. Hal tersebut dimulai dari tingkat desa.

Baca Juga:Komunitas Cimaja Surfing Berencana Gelar Event Surf FestivalRatusan PPPK Terima SK Pengangkatan dari Bupati Sukabumi

“Program UMKM naik kelas merupakan salah satu tujuan percepatan ekonomi sebagaimana yang diharapkan pak Presiden,” ujarnya.

Kendati begitu, Pemkab Sukabumi terus mendorong pelaku usaha kecil supaya bisa berkembang. Untuk itu, Marwan menekankan pada pelaku usaha kecil selalu mandiri untuk mendapatkan pemasaran yang lebih luas.

Senada dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi menjelaskan, UMKM naik kelas merupakan upaya yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan UMKM dan mendorong instrumen fiskal supaya pemilik usaha kecil bisa bangkit dari kesulitan ekonomi.

Program ini bertujuan untuk memperluas pemasaran, pembiayaan, perizinan dan tekhnologi digitalisasi dengan target  berpotensi ekspor, serta mendorong usaha mikro ke usaha kecil. Pelaku usaha yang mengikuti program ini akan mendapatkan pendampingan selama 8 bulan ke depan.

“Ratusan peserta ini tersebar di 47 Kecamatan melalui pendaftaran dan akurasi sesuai indikator naik kelas,” jelasnya. 

Sigit menjelaskan, Program UMKM naik kelas Kabupaten Sukabumi terdapat satu kordinasi daerah dan lima pendamping.

Kordinator dan pendamping itu akan mengawal peserta selama program berlangsung. 

Baca Juga:Culinary Night Dimeriahkan Kalangan ArtisJurnalis di Sukabumi Tolak RUU Penyiaran

Tambah Sigit menambahkan, diharapkan melalui program ini mampu meningkatkan penjualan produk usaha mikro kabupaten sukabumi yang berdampak kepada peningkatan perekonomian Kabupaten Sukabumi. 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara DKUKM Kabupaten Sukabumi dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat halal dan sertifikat akses pembiayaan dari Bank BJB kepada perwakilan peserta.(IST)

0 Komentar