Bankeu dari Pemprov Digunakan Bangun Dua Kawasan Terpadu

ILUSTRASI
ILUSTRASI
0 Komentar

JL BAKSIR – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) mendapatkan bantuan keuangan kompetitif dari Pemprov Jabar. Bantuan akan digunakan untuk menanggulangi kawasan kumuh melalui pembangunan kawasan terpadu di Kelurahan Subangjaya dan Sukakarya.

Kepala Seksi Permukiman DPUTR Kota Sukabumi, Henry Yoswara, menjelaskan kawasan terpadu yang akan dibangun di Kelurahan Sukakarya akan menonjolkan kearifan lokal Wayang Sukuraga. Kearifan lokal itu telah terkenal ke berbagai daerah hingga luar negeri. Kawasan ini akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti gedung pertunjukan, ruang terbuka hijau dan area parkir.

“Nanti menampilkan kearifan lokal. Di Kelurahan Sukakarya ada Wayang Sukuraga yang sudah terkenal ke mancanegara. Nanti kita akan bangun satu kawasan yang menonjolkan Wayang Sukuraga. Kawasan ini bisa dimanfaatkan pula sebagai tempat berkumpul warga sekitar,” katanya.

Baca Juga:Antisipasi Dampak La Nina Sektor Pertanian jadi PrioritasFahmi-Dida Pasangan Serasi yang Tepat untuk Menang di Pilwalkot Sukabumi

Sedangkan pada kawasan terpadu di Kelurahan Subangjaya yang dinamakan Bunga Untukmu atau Budidayakan Sungai Tuntaskan Kawasan Kumuh akan dibangun fasilitas untuk membantu penyediaan sumber air baku dan tenaga listrik bagi masyarakat sekitar.

“Kawasan ini akan menampilkan kearifan lokal pula yaitu untuk pengolahan sumber air minum. Ke depan masyarakat bisa mendapatkan sumber air baku yang layak dikonsumsi. Dengan memanfaatkan air sungai, kita akan membangun pula microhydro generator untuk membantu kebutuhan energi listrik masyarakat sekitar. Ke depannya diharapkan menjadi kawasan eco wisata,” ungkapnya.

Kedua pembangunan kawasan ini dikerjakan pihak ketiga. Pembangunannya ditargetkan selesai pada Desember mendatang. Ia juga menerangkan bahwa pembangunan kawasan ini dibantu pula masyarakat yang menghibahkan lahan milik mereka. (ist)

0 Komentar