Desa Cipeundeuy Kembangkan Wisata dan Pengelolaan Sampah

Ist
IST/NET BIMTEK: Pemerintah Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menggelar acara bimtek pengembangan wisata dan pengelolaan sampah.
0 Komentar

SUKABUMI – Pemerintah Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, bekerja sama dengan mahasiswa dari STISIP Widya Puri Mandiri Sukabumi dan STKIP Bina Mutiara Sukabumi, menggelar acara Bimbingan Teknik (Bimtek) mengenai Pengembangan Wisata dan Pengelolaan Sampah di Objek Wisata Kalaju Mandalaratu, Selasa (20/8).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Desa Cipeundeuy Bakang Anwar As’adi dan dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta anggota Pokmas Cipeundeuy.

Kepala Desa Bakang Anwar As’adi menyampaikan bahwa Desa Cipeundeuy saat ini memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Bakang mengungkapkan komitmennya untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menjadikan objek wisata di desa tersebut sebagai destinasi wisata unggulan di masa depan.

Baca Juga:Pj Gubernur Buka Pospeda Tingkat Jabar *Jadi Wadah Kreativitas dan Bangun Karakter SantriBNNK dan KPU Pastikan Paslon Bersih dari Narkoba

“Kita memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah Objek Wisata Mandalaratu. Di objek wisata tersebut, kami berencana membangun beberapa kawasan pendukung,” kata Bakang.

Di wilayah Desa Cipeundeuy, terdapat dua objek wisata potensial, yaitu Situ Habibi dan Kalaju Mandalaratu. Menyadari potensi ini, Kepala Desa Bakang Anwar As’adi telah memulai terobosan dengan membangun kawasan wisata Kalaju Mandalaratu (Kampung Nelayan Maju), yang berlokasi di sekitar Situ Habibi.

“Ke depan di Kalaju Mandalaratu akan dibangun berbagai kawasan seperti bumi perkemahan, objek wisata agro, area perkebunan kelapa, dan pesawahan untuk penanaman beras ketan,” jelas Bakang.

Bakang menambahkan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan IKM-UMKM untuk mendukung pengadaan bahan baku pembuatan opak. Kolaborasi ini juga dibenarkan oleh Kang Baban, pengelola UMKM Sentra Gedung Opak Pajampangan.

“Kami akan bekerja sama dengan pengelola Kawasan Wisata Kalaju Mandalaratu dalam pengadaan bahan baku pembuatan Opak Jampang,” ujar Kang Baban.

Terkait dengan pembangunan sektor pariwisata di Desa Cipeundeuy, Bakang berharap agar semua pemangku kepentingan dapat mendorong prioritas pembangunan infrastruktur jalan menuju wilayah tersebut.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata di desa ini, Pemdes Cipeundeuy menyelenggarakan Bimbingan Teknik untuk para pelaku yang akan mengelola objek wisata Kalaju Mandalaratu. Bintek ini juga melibatkan para mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di desa tersebut. (ist)

0 Komentar