Polisi Amankan Puluhan Etnis Rohingya di Sukabumi

Ist
DIAMANKAN: Polres Sukabumi mengamankan puluhan warga etnis Rohingya dari dua rumah kontrakan di kawasan perumahan di Desa/Kecamatan Cisolok.
0 Komentar

CISOLOK, SUKABUM.JABAREKSPRES.COM – Puluhan warga etnis Rohingya diamankan polisi di Perumahan Nusa Indah Kampung Pamugaran Desa Cisolok Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Minggu 23 September 2024 malam. Diketahui, mereka sudah tinggal selama dua hari di perumahan tersebut.

Kapolsek Cisolok AKP Nandang Herawan mengatakan, terdata ada 24 orang warga etnis Rohingya yang diamankan. Mereka berencana akan mengontrak dua unit rumah untuk lima bulan ke depan. “Selain laki-laki dan perempuan, ada anak kecil. Jumlahnya terdata 24 orang,” kata Nandang.

Keberadaan warga etnis Rohingya berawal dari laporan masyarakat. Mereka mencurigai banyak warga Rohingya berlalu lalang di sekitaran lingkungan perkampungan. Aktivitas mereka kemudian dilaporkan warga kepada Babinsa dan langsung ditindaklanjuti Polsek Cisolok.

Baca Juga:Tiga Paslon Kota Sukabumi Dapatkan Nomor Urut *Pelaksanakan Berjalan KondusifDeklarasi Pilkada Damai Kota Sukabumi, Fahmi: Jangan Sampai Kita Terpecah Belah

Setelah didalami, puluhan warga Rohingya datang dari Jakarta menggunakan bus umum. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum menuju Cisolok. Mereka kemudian mengontrak dua rumah di Perum Nusa Indah.“Langkah selanjutnya, setelah pendataan kami laporkan kepada pimpinan untuk tindaklanjutnya. Kita diarahkan ke Satreskrim,” tegasnya.

Kasi Pemerintahan Desa Cisolok, Irvan Ruslandi, menyebutkan dari puluhan warga etnis Rohingya yang diamankan, lima orang di antaranya sempat melarikan diri. Tiga orang yang kabur kembali ditemukan berkat upaya pencarian masyarakat setempat.“Tersisa dua orang lagi. Kita masih menunggu arahan dari Kapolsek dulu bagaimana caranya nanti menindaklanjuti masalah ini sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya. (ist)

0 Komentar