oleh

Pospera Sukabumi Raya Tanam 10 Ribu Pohon di Lokasi Rawan Longsor

SUKABUMI – DPC Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Sukabumi Raya melakukan penanaman 10.000 pohon di lokasi rawan longsor di Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, Minggu (31/01) kemarin.

Ketua DPC POSPERA Sukabumi Raya, Anggi Purwanto mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memperkuat kontur tanah dijalur rawan longsor. Serta, antisipasi mencegah bencana hidrometeorologi disaat intensitas hujan yang cukup tinggi.

“Pohon yang kita tanam jenis Albasiah, Jabon dan buah buahan yang juga bermamfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Vigo sapaan akrab Anggi Purwanto kepada Sukabumi Ekspres.

Untuk itu, kata Vigo dengan tema Pospera Peduli Lingkungan. Dia mengajak semua bersama sama membangun peradaban dengan menanam pohon.

“Aksi ini kita laksanakan guna menjaga stabilisasi lingkungan, kesehatan udara dan juga kandungan air didalam tanah,” ujarnya.

Vigo menambahkan, teknis penanaman pohon pun diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan kondisi lahan dan area infrastruktur yang akan ditanam, jenis pohon, serta metode penanaman dan pemeliharaan.

“Ini langkah respons cepat kami mengantisipasi bencana alam. Mudah-mudahan kedepan bisa dilaksanakan di setiap kecamatan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk menjaga ekosistem alam,” ungkapnya.

Apalagi belakangan ini menurut Vigo, banyak musibah bencana longsor dan banjir di berbagai daerah yang diakibatkan kurangnya memelihara lahan dan menanam pohon.

“Hari ini kita berupaya bagaimana caranya merawat kelestarian alam, salah satunya melalui penanaman pohon di lingkungan kita,” ucapnya.

Tak hanya itu, DPC Pospera Sukabumi Raya juga mengajak kawan-kawan disabilitas dalam kesetaraan sosial, berorganisasi ikut terlibat. Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan itu tokoh masyarakat, agama, pemuda dan juga mahasiswa. (ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *