Goa Baduy Panglayangan Andalan Wisata Kecamatan Cimanggu

Goa Baduy Panglayangan Andalan Wisata Kecamatan Cimanggu
0 Komentar

SUKABUMI – Kecamatan Cimanggu yang terletak di Selatan Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sekali potensi, baik dari segi wisata juga dari ekonomi kreatif masyarakatnya.

Diantara sejumlah potensi wisata yang menakjubkan di Kecamatan Cimanggu yakni, Goa Baduy Panglayangan di Desa Sukamanah dan Embung Gupitan Wanadesa di Desa Cimanggu.

Dimulai dari Goa Baduy Panglayungan, lokasi ini merupakan salah satu destinasi baru yang sangat cocok bagi pecinta wisata petualang. Terdapat tiga goa dengan panjang yang berbeda beda yaitu, Goa Surupan dengan panjang 350 meter, Goa Baduy 200 meter dan Goa Embusan 1 kilo meter. “Goa Baduy Panglayangan dilengkapi dengan tubing, camping ground, tempat swa foto, dan ada juga kerajinan tangan untuk oleh – oleh pengunjung,” ujar Camat Cimanggu, Yuki Ramdan Priana, kemarin (8/11).

Baca Juga:Serapan Anggaran Pemkab Sukabumi untuk Penanganan Covid-19 Capai 89,9 PersenGerombolan Geng Motor Serang Warga Citamiang Sukabumi

Kemudian Embung Gupitan Wanadesa adalah sebuah objek wisata berupa danau yang asri nan indah, sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Pasalnya, tempat ini dilengkapi wahana permainan air dan setiap pengunjung memiliki kesempatan untuk memberi makan ikan – ikan yang ada di danau tersebut. Untuk bisa menuju lokasi ini, dapat di akses dengan kendaraan roda dua maupun empat. “Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung hanya Rp 5 ribu, itu pun sudah sepaket dengan pakan ikan yang nantinya boleh ditabur di danau,” sebut Yuki.

Tak hanya potensi alam nya yang indah, Kecamatan ini pun kaya potensi usaha masyarakatnya. Hampir setiap desa di kecamatan ini memiliki produk khas masing – masing. Diantaranya, kerajinan Rajutan Kain dari Desa Cimanggu, Anyaman Bambu di Desa Sukamanah, olahan makanan Oyek dan Pindai Besi dari Desa Sukajadi. “Untuk hasil pertaniannya, kami memiliki beras merah, kacang tanah, dan singkong. Hampir setiap desa di Kecamatan Cimanggu hasil pertaniannya seragam,”terang dia.

Berkat keuletan dalam pengembangan potensi wisata dan pemberdayaan terhadap masyarakatnya, Kecamatan Cimanggu telah terpilih sebagai juara satu promosi wisata di Kabupaten Sukabumi. “Alhamdulillah berkat kekompakan dan kerjasama dari semua pihak, kecamatan kami menjadi juara satu promosi wisata,”pungkasnya. (Job3)

0 Komentar