MUI Ingatkan Umat Islam Bersatu, Jelang Penentuan Awal Ramadhan

MUI ajak umat muslim bersatu jelang penentuan awal Ramadhan 2023. mui.or.id.
MUI ajak umat muslim bersatu jelang penentuan awal Ramadhan 2023. mui.or.id.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru-baru ini membahas mengenai penentuan awal bulanRamadhan 2023/1444 Hijriyah dan mengimbau umat Muslim untuk bersatu.

Dalam penentuan awal bulan Ramadhan 2023/1444 Hijriyah tersebut MUI mengimbau agar umat Islam bersatu dan tidak terpecah belah.

MUI mengimbau umat islam agar bersatu dalam penentuan awal bulan Ramadhan 2023/1444 Hijriyah yakni dengan mengikuti keputusan sidang isbat yang digelar oleh pemerintah nanti.

Baca Juga:Rubicon Trending, Polisi Pastikan Pelat Nomor Mario Dandy PalsuTersisa 2 Episode Terakhir, Crash Course In Romance Segera Tayang

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MUI Sulawesi Selatan Profesor Dr KH Najmuddin H Abd Safa.

Ia mengatakan bahwa kini teknologi semakin maju, sehingga hal itulah yang menjadi salah stau alasan MUI mengajak umat Islam untuk menyerahkan penentuan awal bulan Ramadhan 2023/1444 Hijriyah kepada pemerintah.

Pasalnya, ia meyakini bahwa pemerintah juga telah mempersiapkan segala kelengkapan untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi.

“Sekarang ini teknologi makin maju, jadi kita serahkan saja ke pemerintah dengan segala kelengkapannya,” kata Ketua MUI Sulawesi Selatan Profesor Dr KH Najmuddin H Abd Safa Lc MA, dikutip Sukabumi.JabarEkspres.com dari mui.or.id pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Sebagai informasi, dalam ilmu hisab penentuan awal Ramadhan terjadi banyak perbedaan.

Sehingga metode rukyatul hilal dinilai lebih cocok untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Meskipun demikian, lebih memilih rukyatul hilal, Gurutta Najmuddin tidak mempermasalahkan metode hisab. Karena keduanya dinilai memiliki landasan kuat.

Baca Juga:PeduliLindungi Diupdate, Begini Nasib Sertifikat Vaksin Covid-196 Fakta Drakor The Glory, Diangkat dari Kisah Nyata Perundungan

Namun ia menegaskan kepada umat Islam seiring menjelang bulan Ramadhan untuk merawat persatuan umat jika memang pada kenyataannya terjadi perbedaan.

“Intinya kita tetap rawat persatuan umat jika terjadi perbedaan,” katanya, menegaskan.

Sementara itu, informasi mengenai sidang isbat untuk penentuan awal bulan puasa Ramadhan 2023 telah diumumkan oleh Kementerian Agama atau Kemenag RI.

Pelaksanaan sidang isbat penentuan awal bulan Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriyah yakni akan digelar pada Kamis, 22 Maret 2023 mendatang.

Sidang isbat penentuan awal bulan Ramadhan 2023 tersebut dikabarkan akan digelar di gedung Kemenag, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah juga telah menyampaikan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

Menurut PP Muhammadiyah penetapan awal bulan Ramadhan 1444 H yakni jatuh pada 23 Maret 2023, sedangkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 21 April 2023 mendatang.(*)

0 Komentar