Dinkes Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Galakkan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Ist
IMUNISASI: Sejumlah pelajar SD antusias mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Salah satu tujuan BIAS untuk mencegah kanker serviks sejak dini.
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi terus menggencarkan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan menyasar siswi kelas 5 dan 6 SD negeri dan swasta. Kegiatan itu salah satunya bertujuan mencegah kanker serviks.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi, Wita Darmawanti, menjelaskan imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) ini merupakan vaksin untuk melindungi perempuan dari kanker serviks. “Manfaatnya untuk melindungai anak perempuan terutama yang sudah mulai dewasa untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim. Karena itu, kami terus melakukan imunisasi ini kepada setiap sekolah,” ujar Wita kepada wartawan, kemarin (15/10).

Tidak dipungkiri, lanjut Wita, sejauh ini masih terdapat beberapa penolakan baik dari orang tua pelajar maupun sekolah terkait imunasasi HPV tersebut. Alhasil, di beberapa sekolah targetnya belum mencapai 90 persen. “Ada beberapa yang menolak dilakukan vaksinasi. Bahkan, ada yang menolak secara kelembagaan,” paparnya.

Baca Juga:PLN UP3 Sukabumi Berikan Bantuan Untuk Nurmala Balita Tanpa Lubang AnusMELALUI LAYANAN ONE DAY SERVICE PLN SUKABUMI DUKUNG PERKEMBANGAN INDUSTRI GARMEN PADA PT DASAN PAN PACIFIC IND

Dinkes Kota Sukabumi terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait imunisasi HPV agar masyarakat dapat lebih terbuka dan mengantisipasi kanker serviks. “Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Kemenag, dan instansi terkait lainnya,” cetusnya.

Dinkes juga rutin melakukan sosialisasi dan edukasi langsung kepada masyarakat khususnya saat melakukan posyandu di setiap Puskesmas. “Ya, sosialisasi dan edukasi terus dilakukan termasuk kepada masyarakat agar mengetahui manfaat dari imunisasi HPV ini,” bebernya.

Wita berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat menekan dan mengantisipasi risiko mengidap kanker serviks. “Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat menekan kanker serviks,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar